Pentingnya pendidikan bisnis dan manajemen di Indonesia telah dipikirkan sejak era 1970-an ketika ITB mengundang Prof. McLelland untuk mengajar kewirausahaan. Di akhir tahun 1980-an, pemikiran untuk mengembangkan pendidikan bisnis dan manajemen mulai berkembang di Jurusan Teknik Industri. Pada tahun 1990, ITB memutuskan untuk mendirikan program Magister Administrasi Bisnis (MBA) di bidang manajemen operasi dipelopori oleh Prof. Mathias Aroef.

Proses pendirian Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB itu sendiri diawali dengan pembentukan Komite oleh Rektor ITB dengan menunjuk 10 staf pengajar sebagai perumus nature of business SBM, visi, misi, strategi, lingkup, program, rancangan kurikulum dan metode pembelajaran serta alumni seperti apa yang akan dihasilkan SBM ITB. Kesepuluh orang tersebut adalah:

  1. Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto, MSIE, MSCE
  2. Prof. Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., Ph.D
  3. Prof. Dr. Ir. Jann Hidajat Tjakraatmadja, MSIE
  4. Ir. Drs. Arson Aliludin, SE, DEA
  5. Dr. Ir. Sudarso Kaderi Wiryono, DEA
  6. Ir. Nurhajati Ma’mun, MSc.
  7. Ir. Budi Permadi Iskandar, MSP
  8. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M. Eng
  9. Dr. Ir. Utomo Sarjono Putro, M. Eng
  10. Ir. Aurik Gustomo, MT

Dengan SK Rektor ITB no. 203/SK/K01/KP/2003, pada Tanggal 31 Desember 2003 resmi berdiri Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Sekolah baru tersebut terus berkembang, dan dengan dukungan staf pengajar tersebut beserta tenaga administratifnya, sampai dengan saat ini SBM sudah mempunyai empat program studi, yaitu:

  1. Program Studi Sarjana Manajemen, berdiri pada Desember 2003
  2. Program Magister Administrasi Bisnis, bergabung ke SBM sejak Desember 2003
  3. Program Magister Sains Manajemen, berdiri pada Februari 2007
  4. Program Doktor Manajemen, berdiri pada Agustus 2008

Sejalan dengan transformasi ITB menjadi BHMN, maka fakultas/sekolah yang ada di ITB termasuk SBM diarahkan menjadi organisasi sumber yang mengelola sumber daya secara langsung. Untuk mencapai hal tersebut, melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Bandung No. 256.10/SK/K01/2005, di lingkungan SBM saat ini terdapat 2 (dua) Kelompok Keahlian/Keilmuan (KK) sebagai berikut:

  1. Kelompok Keilmuan Manajemen Manusia dan Kewirausahaan
  2. Kelompok Keilmuan Manajemen Operasi dan Keuangan