When the application starts?

Penerimaan mahasiswa baru diadakan sebanyak satu kali dalam setahun, yaitu pada semester ganjil . Seleksi untuk penerimaan pada semester ganjil dilaksanakan sebanyak tiga kali kesempatan, yaitu pada bulan April, Mei dan Juni setiap tahun.

What are the tests?

Seleksi meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL, dengan nilai minimum untuk kedua tes tersebut adalah 550. TPA harus nilai TPA Bappenas dan TOEFL harus nilai TOEFL ITP (Institutional Toefl Programme). Selain itu juga ada tes wawancara untuk melihat kesiapan dan wawasan calon mahasiswa.

Other than application schedule , where to conduct TPA and when?

TPA bisa ikut dimana saja asal penyelenggaranya Bappenas atau bekerja sama dengan Bappenas. Jadwal lengkap bisa dilihat di sini. Sedangkan untuk TOEFL juga bisa ikut di mana saja asalkan TOEFL ITP. Selain itu, untuk Bahasa Inggris, dapat juga ikut tes di UPT Bahasa ITB, baik untuk TOEFL ITP ataupun ELPT. ELPT adalah tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh ITB untuk keperluan seleksi di ITB saja.

What if I already have score of TPA or TOEFL?

Selama nilai TPA berasal dari Bappenas dan TOEFL dari ITP, bisa langsung daftar, tanpa harus ikut TPA dan TOEFL, asalkan nilai-nilai tersebut belum kadaluarsa. Masa kadaluarsa nilai-nilai tersebut adalah 2 tahun sejak tanggal tes.

How much is registration fee?

Ada 4 komponen biaya pendaftaran dengan perincian sebagai berikut:

  1. Biaya Pendaftaran: Rp 600.000,-
  2. Biaya TPA: Rp 325.000,-
  3. Biaya ELPT di ITB: Rp 100.000,-
  4. Biaya Wawancara: Rp 50.000,-

Komponen biaya untuk TPA dan ELPT bisa dihilangkan apabila sudah memiliki nilai-nilai tersebut.

What to prepare for the interview?

Calon mahasiswa doktor akan dipanggil untuk tes wawancara apabila nilai TPA dan TOEFL sudah memenuhi syarat. Pada saat wawancara, yang bersangkutan akan diminta untuk melakukan presentasi dalam bahasa Inggris tentang keadaan terkini (state of the art) topik risetnya.

Is DSM provide after-office or weekend class?

Kelas DSM Kampus Bandung adalah program penuh waktu yang membutuhkan residensi di kampus. Sedangkan DSM Kampus Jakarta adalah program paruh waktu di akhir minggu

How is learning in the first year? Does it looks like an undergraduate program?

Perkuliahan reguler dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat dan dalam rentang waktu antara jam 08.00 sampai dengan 17.00. Perkuliahan tidak seperti program sarjana, di mana aspek persiapan mandiri mahasiswa lebih banyak dituntut dalam membentuk pola pikir seorang periset.

How many lecturing session in a week?

Tatap muka untuk perkuliahan hanya ada di Semester 1 dan 2 . Untuk Semester 1, ada 4 mata kuliah dan Semester 2 ada 3 mata kuliah. Tatap muka untuk 1 mata kuliah dilaksanakan satu kali dalam 1 minggu sebanyak 3 jam tatap muka dan selebihnya adalah kerja mandiri seperti membaca, berdiskusi, dan berpikir.

What is the difference between linear vs non-linear?

Jalur linier adalah telah lulus program magister keilmuan dengan bidang yang relatif sama, seperti Magister Sains Manajemen, Magister Teknik Industri, dan Magister Sains Ekonomi. Sementara jalur non-linier, bila yang bersangkutan memperoleh gelar magister terapan yang merupakan terminasi pendidikan seperti magister manajemen, magister administrasi bisnis, dan magister administrasi public, dan magister keilmuan yang berasal dari bidang lain, misalnya teknik, pendidikan, psikologi, dan lain-lain. tetapi untuk program DSM kami, semua Major diluar program MSM ITB dianggap Non Linear

Is MBA graduate eligible for linear Doctoral Program?

Bukan, karena program studi MBA merupakan program terapan atau aplikasi bukan jalur keilmuan.

Any difference in total credit for linear vs non-linear?

Bedanya hanya 4 SKS. Untuk jalur non-linier diwajibkan mengambil 44 SKS, sedangkan jalur linier perlu mengambil 40 SKS.

How many semester?

Baik jalur non-linier maupun linier dapat ditempuh selama 6 semester, hanya berbeda sebanyak 6 SKS yang harus diambil.

How much is the total cost for DSM?

Ada 2 komponen biaya, yaitu biaya tetap semester dan biaya SKS yang harus dibayarkan setiap semester. Untuk kelas reguler (Bandung Kampus) biaya tetap semester adalah sebesar Rp 20 juta/semester dan biaya SKS adalah Rp 750.000/SKS. Untuk kelas Executive (Jakarta Kampus) biaya tetap semester adalah sebesar Rp 30 juta/semester dan biaya SKS adalah Rp 1.500.000/SKS.

*Biaya tersebut di atas hanya biaya kuliah saja, belum termasuk biaya untuk riset.