Apa bedanya MSM dengan MBA?

MSM atau Magister Sains Manajemen adalah program magister keilmuan dengan titik berat pada riset di jalur keilmuannya. MSM termasuk dalam kategori magister keilmuan, sedangkan MBA atau MM adalah program magister terapan yang lebih fokus pada aplikasi ilmunya. MSM bertujuan untuk mendidik calon cendekiawan yang mumpuni dan dapat melanjutkan ke jenjang doktor, sementara MBA mendidik calon manajer atau eksekutif yang tangguh.

Kapan seleksi untuk perkuliahan di program MSM?

Penerimaan mahasiswa baru diadakan sebanyak satu kali dalam setahun, yaitu pada semester ganjil yang dimulai pada bulan Agustus. Seleksi untuk penerimaan pada semester ganjil dilaksanakan sebanyak dua kali kesempatan, yaitu pada bulan April dan Mei setiap tahun.

Seleksi meliputi apa saja?

Seleksi meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL, dengan nilai minimum untuk kedua tes tersebut adalah 500. TPA harus berasal dari nilai TPA Bappenas dan TOEFL harus nilai TOEFL ITP (Institutional Toefl Programme). Selain itu juga ada tes wawancara untuk melihat kesiapan dan wawasan calon mahasiswa.

Selain pada waktu seleksi , dimana lagi bisa ikut TPA dan kapan ada jadwal lagi?

TPA bisa ikut dimana saja asal penyelenggaranya Bappenas atau bekerja sama dengan Bappenas. Jadwal lengkap bisa dilihat di sini.
Sedangkan untuk TOEFL juga bisa ikut di mana saja asalkan TOEFL ITP. Selain itu, untuk Bahasa Inggris, dapat juga ikut tes di UPT Bahasa ITB, baik untuk TOEFL ITP ataupun ELPT. ELPT adalah tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh ITB untuk keperluan seleksi di ITB saja.

Bagaimana bila sudah mempunyai nilai TPA atau TOEFL?

Selama nilai TPA berasal dari Bappenas dan TOEFL dari ITP, bisa langsung daftar, tanpa harus ikut TPA dan TOEFL, asalkan nilai-nilai tersebut belum kadaluarsa. Masa kadaluarsa nilai-nilai tersebut adalah 2 tahun sejak tanggal tes.

Berapa biaya pendaftaran?

Ada 3 komponen biaya pendaftaran dengan perincian sebagai berikut:

  1. Biaya Pendaftaran: Rp 300.000,-
  2. Biaya TPA: Rp 225.000,-
  3. Biaya ELPT di ITB: Rp 75.000,-

Komponen biaya untuk TPA dan ELPT bisa dihilangkan apabila sudah memiliki nilai-nilai tersebut.

Apa yang harus dipersiapkan untuk wawancara?

Pada saat wawancara, calon mahasiswa akan diminta untuk menjelaskan tentang tugas akhir yang pernah dibuatnya juga akan dilihat kesiapannya dalam menghadapi perkuliahan serta kesanggupan menanggung biaya kuliah.

Apakah ada kelas akhir minggu atau kelas malam untuk MSM?

Sekarang belum ada karena MSM adalah program penuh waktu.

Bagaimana dengan perkuliahan? Apakah seperti perkuliahan di program sarjana?

Perkuliahan reguler dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat dan dalam rentang waktu antara jam 08.00 sampai dengan 17.00. Perkuliahan tidak seperti program sarjana, di mana aspek persiapan mandiri mahasiswa lebih banyak dituntut dalam membentuk pola pikir seorang

Untuk perkuliahan, biasanya ada berapa kali pertemuan dalam 1 minggu?

Tatap muka untuk perkuliahan ada di Semester 1 sampai dengan Semester 3 (Semester Pendek). Tatap muka untuk 1 mata kuliah dilaksanakan satu kali dalam 1 minggu sebanyak 3 jam tatap muka dan selebihnya adalah kerja mandiri seperti membaca, berdiskusi, dan menulis paper atau laporan.

Semua ada berapa semester?

Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 semester reguler dan 1 semester pendek dengan total waktu tempuh 18 bulan.

Berapa biaya total yang harus dikeluarkan untuk menyelesaikan program Magister Sains Manajemen?

Ada 2 komponen biaya, yaitu biaya tetap semester dan biaya SKS yang harus dibayarkan setiap semester. Biaya tetap semester adalah sebesar Rp 5 juta/semester dan biaya SKS adalah Rp 500 ribu/SKS. Jadi total Rp 33 juta apabila tepat waktu dan tidak ada pengulangan pengambilan mata kuliah atau pengambilan SKS lebih. Sebagai informasi, mahasiswa MSM SBM ITB memiliki banyak peluang mendapatkan beasiswa dari berbagai sumber. Penerima beasiswa penuh dan secara konsisten menjaga prestasinya selama kuliah bisa menyelesaikan kuliah tanpa perlu membayar biaya diatas.