L'oreal Brain storm 2011 1L’oreal Brandstorm merupakan kompetisi bisnis internasional tahunan yang diadakan oleh L’oreal sejak tahun 1993 dan telah diikuti oleh lebih dari 43.000 mahasiswa dari 270 universitas di 43 negara. Ajang ini bertujuan untuk mengenali mahasiswa kreatif yang berpotensi yang memiliki bakat di bidang marketing dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Tahun 2010 peserta yang mendaftar sejumlah 7.100 mahasiswa yang terdiri dari 221 Universitas yang berasal dari 43 Negara. Manfaat dari kompetisi ini memberikan pengalaman nyata menjadi Brand Manager Perusahaan Kosmetika dunia. Selain itu, peserta juga dapat berinteraksi dengan peserta dari latar belakang pendidikan dan universitas yang berbeda dan mendapatkan pengalaman bekerja dengan agency komunikasi Global (McCann). Yang paling menarik dari ajang ini adalah peserta yang menjadi juara nasional berkesempatan mengikuti ajang final internasional di Paris dan mendapatkan hadiah utama berupa liburan kemana pun di dunia senilai € 10,000 untuk tim pemenang dan piala L’Oréal Brandstorm untuk Universitas.

Sebelumnya kompetisi bisnis untuk tingkat S1dan S2 sudah pernah diikuti oleh perwakilan dari MBA ITB dalam kompetisi L’Oreal e-Strat Challenge dengan meraih juara 3 besar dalam ajang kompetisi bisnis tingkat dunia ‘L’Oreal e-Strat Challenge’ di Paris, Perancis. Kompetisi bisnis ‘L’Oreal e-Strat Challenge’ ini adalah kompetisi tahunan level mahasiswa S1 dan S2 yang disponsori oleh perusahaan kosmetik terkemuka, L’Oreal. Tim ‘PowerUp’ meraih gelar juara 2 kategori MBA dan Penghargaan ‘Best Share Price Index for MBA category’, Tim ‘Malaikat’ meraih juara 3 kategori S1 dan Penghargaan ‘Best Share Price Index for Undergraduate Category’. Dalam 8 tahun sejarah diadakannya kompetisi ini, belum pernah ada perwakilan negara di dunia yang dapat meraih empat penghargaan sekaligus.

L'oreal Brain storm 2011 5Pada tahun 2009 L’oreal Indonesia pertamanya kalinya berpartisipasi dalam kompetisi L’oreal Brandstorm. Tahun 2009 Indonesia mengirimkan tim dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ke Paris mengikuti Final Internasional Brandstorm. Sementara tahun 2010, Indonesia diwakili oleh Magali Tim dari Prasetya Mulya untuk tampil pada Final Internasional Brandstorm. Sebelumnya kompetisi L’oreal Brandstorm 2011 melakukan seleksi mulai dari Desember 2010 dengan melakukan pendaftaran online bagi tim yang terdiri dari 3 orang. Tahun ini terjaring peserta sebanyak 73 tim. Tim peserta merupakan mahasiswa yang sedang berada di masa studi dua tahun sebelum lulus. ITB mengirimkan 12 tim. Kemudian ada 4 tim yang lolos menjadi Finalis University yaitu: Tim Big Foot (SBM-ITB), Tim Ganesha (SBM-ITB), Tim Limau (Teknik Industri), dan Tim Velvet (SBM-ITB).

Pelaksanaan Final L’oreal Brandstorm pada hari Rabu, 13 April 2011 bertempat di KOI Kemang Galeri Cafe, Jl. Kemang Raya No. 72 Jakarta Selatan. Universitas yang lolos ke Babak Final adalah Universitas Indonesia, Prasetya Mulya dan SBM ITB. Tim yang lolos babak Final Nasional adalah Tim Beast dari Prasetya Mulya, Tim Bhadra dari Universitas Indonesia, Serta tim Ganesha dan Tim Velvet dari SBM ITB.

L'oreal Brain storm 2011 6Tahun ini Tim Ganesha dari SBM ITB berhasil menjadi juara untuk mewakili Indonesia dalamFinal Internasional Brandstorm di Paris. Tim ini terdiri dari 3 orang yaitu Desita Herdini Arumsari, Fabila Mahadira, dan Teuku Faris Riandi yang merupakan mahasiswa tingkat 2 SBM ITB.

Semoga keberhasilan ini dapat membangkitkan semangat untuk menghasilkan prestasi- prestasi lain di tingkat nasional maupun internasional. Selengkapnya ulasan mengenai persiapan, pelaksanaan serta ungkapan kegembiraan peserta dan keluarga besar SBM ITB atas keberhasilan ini akan dimuat di edisi berikutnya.(IM)