GL Presdir Dana Pensiun TelkomPada hari kamis, 5 Mei 2011 bertempat di ruang kelas tutorial 3D Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dalam hal ini sub kelompok keahlian People and Knowledge Management (KK-PKM) menyelenggarakan kuliah tamu khususnya bagi mahasiswa S1 & MBA dengan pembicara bapak Rohiman Sukarno selaku Presiden Direktur Dana Pensiun TELKOM dengan materi “PENGELOLAAN DANA PENSIUN: Pengalaman Dana Pensiun Telkom”.

Kuliah tamu ini menjelaskan tentang beberapa materi antara lain:

  • Teknis Manfaat Pasti vs. Iuran Pasti
  • Formulasi Manfaat Pasti (termasuk kewajiban Pemberi Kerja dan kewajiban Pegawai)
  • Legal Compliance
  • Challenges yg dihadapi saat ini dan Roadmap pengelolaan kedepan

Kuliah yang berlangsung dari pukul 08.00 – 10.00 WIB ini juga dihadiri oleh bapak Aurik Gustomo MT. selaku ketua sub KK-PKM serta para pengajar: Bapak John Welly, MSc serta bapak Herry Hudrasyah, MA. Pada kuliah ini terdapat banyak sekali pertanyaan yang diajukan baik dari mahasiswa maupun pengajar yang menjadikan suasana perkuliahan interaktif. Dalam materi yang disampaikan dapat dipelajari keterkaitan antara human capital juga dari segi finance. Kuliah tamu kali ini juga memberi penjelasan tentang struktur organisasi dapen Telkom, dasar hukum dana pensiun, azas dana pensiun, penjelasan manfaat pensiun, jenis program dana pensiun serta pengelolaan dari segi keuangan (siklus, cara pendanaan, karakteristik pendanaan).

Dengan adanya kuliah tamu ini tentunya dapat menambah ilmu dan wawasan tentang pentingnya serta peran dana pensiun dan bagaimana skema mengelola dana pensiun. ***(Astadi Pangarso,ST., MBA)