Setelah St. Gallen University dari Swiss dan University of Groningen dari Negeri Belanda, kali ini giliran Aalto University dari Finlandia mengadakan perjanjian kerjasama dengan SBM ITB. Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani pada tanggal 29 September 2011 yang lalu. Perjanjian kerjasama yang memperkuat posisi SBM ITB di dunia internasional ini meliputi perjanjian untuk program Double Degree untuk EMBA yang akan dimulai tahun 2012 serta Student Exchange pada program sarjana dan pasca sarjana.

Siapakah Aalto University?

Didirikan pada tahun 2010, Aalto University adalah salah satu universitas yang sangat berorientasi ke masa depan. Sejarah panjang selama 300 tahun dan reputasi baik dari tiga universitas yang membentuk universitas ini membuktikan bahwa pemikiran akan masa depan adalah hal yang penting. Tiga universitas tua dan mempunyai reputasi baik tersebut adalah Helsinki School of Economics, Helsinki University of Technology dan University of Art and Design Helsinki.

Ketiga universitas tersebut merupakan lembaga yang diakui reputasinya untuk masing-masing bidang dan tentu saja Aalto University tidak berhenti pada kebanggaan akan reputasi dari masing-masing universitas pembentuknya, tetapi melihat penggabungan itu sebagai kesempatan baik untuk lebih memantapkan peran dan fungsi mereka dalam dunia pendidikan tinggi moderen di Eropa.

Piagam perjanjian pendirian Universitas Aalto ditandatangani pada bulan Juni 2008 dan pada tanggal 19 Desember 2008, Prof. Tuula Teeri dipilih oleh dewan sekolah untuk menjadi Presiden pertama Universitas Aalto yang mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2010

Mengapa SBM ITB?