COACHING CLINICAs a continuity of SBM ITB and BNI collaboration in developing entrepreneurial education in ITB, on 24-25 October 2014, locating in Lembang, Bandung, BNI and SBM ITB conducted a coach clinic for SBM ITB students whose intake at Integrated Business Experience course (for Management undergraduate students) and Micro and Small Business course (for Entrepreneurship undergraduate students). This two day activities is begin by visiting Hilman R Rivano’s workshop in Cibiru-Bandung. Hilman R Rivano is a young success entrepreneur in fashion industry with brands: Greenlight, 3second, Mountley and Famo. In his presentation, Hilman revealed that today Indonesia needs a lot of young people who able to create new jobs, not only expecting to have a job from existing job vacancies.COACHING CLINICSebagai sebuah bentuk realisasi kerjasama kemitraan antara SBM-ITB dan BNI, pada tanggal 24-25 Oktober 2014, di Lembang Bandung, BNI mensponsori coach clinik bagi para mahasiswa SBM-ITB Program Studi Management yang sedang megikuti kuliah Integrated Business Experience dan mahasiwa program Studi Kewirausahaan. Coaching clinik yang diselengarakan dua hari ini, dimulai dengan kunjungan ke workshop pengusaha Hilman R Rivano dan juga sharing pengalaman Hilman dengan mahasiswa SBM-ITB. Hilman R Rivano adalah pengusaha muda bidang fashion yang dengan merk dagang seperti Greenlight, 3second, Mountley dan Famo. Dalam presentasinya, Hilman memotivasi mahasiswa SBM bahwa saat ini Indonesia membutuh banyak orang-orang muda yang mau menciptakan kerja dan tidak hanya tergantung dengan lapangan kerja yang sudah ada. Comparing to his experiences in developing a business, Hilman said that SBM-ITB students were providential, as they learned how to be entrepreneurs since in the university. By learning the business management and gaining much exercises before starting a new business, it may reduce the potential of failures. Therefore, SBM-ITB entrepreneurs should gain their success faster than the time his need for gaining his today success.

At first day of coaching, the participant was also presented lectures from BNI executives. They also issues financial facilities provided by BNI for young entrepreneurs. The day is finalized with dinner together and acoustic music.

Beside lectures, at the second day of coaching, participants were invite to join a attractive games. The games addressed to develop their motivation, leadership and team work skills through outbound activities, off road and also paintball games in Lembang, Bandung.

This program were participate by 50 students. They expressed their happiness and thanks for delivering the new insights of entrepreneurship with fun activities.

The similar program is expected continuous develop in the future.

By: Melia Famiola HariadiMahasiswa SBM-ITB, dianggap Hilman beruntung karena bisa belajar jadi pengusaha dan difasilitasi oleh SBM-ITB, karena ketika dia memulai usahanya untuk pertama kalinya hanya dengan modal nekat dan tidak tahu bagaimana manajemen yang baik dalam mengembangkan usaha. Hilman juga meyampaikan, dengan telah mempelajari manajemen usaha yang baik sejak dini dan sudah mendapat latihan-latihan selama kuliah, dia yakin waktu yang ditempuh oleh para calon pengusaha-pengusaha lulusan SBM-ITB untuk sukses mengembangkan usaha mereka nantinya akan lebih singkat dibandingkan dengan sukses yang sudah dia capai sekarang.

Selain berkunjungan ke workshop Hilman R Rivano, hari pertama coaching terserbut juga diisi dengan presentasi dan kuliah dari pihak Bank BNI tentang program pendanaan UKM di Bank BNI dilanjutkan dengan acara keakraban, makan malam dengan musik acoustic.

Game-game menantang untuk melatih daya tahan, motivasi dan team building peserta coaching disuguhkan kepada para peserta pada hari kedua, peserta diajak untuk ikut serta dalam off road dan juga painball di area lembang-Bandung.

Mahasiswa peserta acara ini sangat mengapresiasi inisitif SBM-ITB dan BNI ini dan menyatakan bahwa acara ini tidak hanya fun tapi juga menambah wawasan mereka.

Coaching clinik yang diikuti oleh 50 orang SBM-ITB ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh SBM-ITB dan BNI, acara-acara seperti ini direncanakan akan diteruskan pada masa yang akan datang.

Oleh: Melia Famiola Hariadi