Sejak 2020, jumlah investor saham di Indonesia naik hingga lebih dari 50 persen. Namun, kenaikan jumlah investor saham di Indonesia tidak seiring dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai investasi.

Dosen dan Direktur Eksekutif Pendidikan SBM ITB Donald C. Lantu mengatakan hal itu dalam webinar bertajuk “The First Indonesia Investor Summit 2021: The Rise of Indonesia Stock Market” pada Sabtu (26/6/2021) dan Minggu (27/6/2021). Webinar tersebut terselenggara berkat kolaborasi Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Investor Academy Indonesia (IAI). Indonesia Investor Summit 2021 bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai investasi saham dan pasar modal di Indonesia.

Branch Manager Panin Sekuritas Cabang Bandung Dago Vimalasari menambahkan, berdasarkan pengamatan Founder dan Co-Founder IAI, kebanyakan investor baru yang didominasi oleh investor milenial atau investor corona tidak memahami dasar-dasar mengenai pasar modal hingga akhirnya harus menanggung rugi. “Untung atau rugi bukan di tangan sekuritas, namun di jari-jari investor itu sendiri. Investor lah yang bertanggung jawab untuk membeli, menahan, atau menjual saham mereka,” kata Vimalasari.

Rasa tanggung jawab sebagai seorang Branch Manager Panin Sekuritas terhadap nasabah yang mendorong Vimalasari bergabung dan mendirikan IAI juga Indonesia Investor Summit ini. IAI menjadi kepanjangan tangan Bursa Efek Indonesia dan Emiten untuk mengedukasi pelaku pasar modal di Indonesia supaya dapat mengambil keputusan investasi secara mandiri dan lebih bijak.

“Kami ingin memberikan edukasi kepada investor di Indonesia untuk memiliki keputusan investasi bijak yang berdasarkan pengetahuan,” ujar Andre Lukito sebagai Founder dari IAI. Andre berharap pembelajaran investor di Indonesia tak berhenti pada webinar Indonesia Investor Summit ini, tapi investor di Indonesia juga dapat tahu lebih dalam mengenai investasi melalui modul youtube, telegram, dan instagram yang IAI telah sediakan secara gratis.

“The First Indonesia Investor Summit 2021: The Rise of Indonesia Stock Market” dihadiri oleh deretan emiten, seperti PT. Adi Sarana Armada, Tbk., PT. Metrodata Electronics, Tbk., PT. Telkom Indonesia, Tbk., PT. Panca Mitra Multiperdana, Tbk., PT. Mahaka Radio Integra, Tbk., PT. Indika Energy, Tbk., PT. Adhi Karya, Tbk., PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk., dan PT. Bank BJB, Tbk.. Webinar tersebut juga dihadiri retail investor, pelaku investasi terkenal Indonesia seperti Lo Kheng Hong (Warren Buffet Indonesia), Pandu Sjahrir (Komisaris Bursa Efek Indonesia), Inarno Djajadi, (Direktur Utama Bursa Efek Indonesia), Hary Tanoesoedibjo (Executive Chairman MNC Group). Selain itu, Aurik Gustomo (Wakil Dekan Akademik SBM ITB), Rudiyanto (Direktur Panin Asset Management), dan Susy Meilina (Direktur Utama MNC Sekuritas), women empowerment enthusiast, dan pemilik Saung Angklung Udjo.

Kontributor: Tjia Alphani, Kewirausahaan 2022