Industrial Engineering and Operation Management (IEOM) menyelenggarakan 2nd Asia Pacific Indonesia Conference pada Kamis (16/9/2021). Dalam acara itu, Prof. Wawan Dhewanto, ST., M.Sc., Ph.D. sebagai salah satu tenaga pengajar Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima Penghargaan Outstanding Professor di Business Management Award.Sebagai pemberi penghargaan, IEOM Society adalah organisasi nirlaba global yang berfokus pada peningkatan bidang Teknik Industri dan Manajemen Operasi. Mereka menempatkan nilai-nilai luar biasa seperti globalisasi, keragaman, inklusi, inovasi, dan fokus pada pemberdayaan siswa dan pengembangan profesional, kemitraan, dan keberlanjutan. Atas dasar itu, mereka berupaya untuk kemanusiaan yang lebih baik dengan menyediakan komunikasi dan jaringan antar manusia, terutama di negara-negara berkembang.

Setiap tahun sejak 2014, IEOM telah mengadakan konferensi internasional untuk pendidik, peneliti, dan profesional dan diberikan penghargaan atas kontribusi signifikan mereka. Kontribusi itu sendiri dapat berupa pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian, kepemimpinan di lapangan, atau inovasi di bidang teknik industri dan manajemen operasi.

Salah satu penghargaan paling bergengsi bagi seorang dosen adalah penghargaan mengajar yang luar biasa yang mengakui kontribusi individu melalui pengajaran dan pembelajaran yang luar biasa. Program penghargaan ini menghormati dosen yang mendorong rasa ingin tahu mahasiswa, menunjukkan komitmen menjadi panutan sebagai guru dan pengaruh positif pada pengembangan karir serta peningkatan pengajaran.

Penghargaan ini terbagi dalam beberapa sektor teknik industri dan manajemen operasi, seperti manajemen bisnis, logistik dan rantai pasokan, ergonomi, dan lean six sigma. Untuk tahun ini, Penghargaan Guru Besar Berprestasi Kategori Manajemen Bisnis diberikan kepada Prof. Wawan Dhewanto, ST., M.Sc., Ph.D. Prof. Wawan selaku Guru Besar Bidang Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi Kelompok Minat telah bergabung dengan SBM ITB sejak Januari 2004.

Sebagai komitmennya terhadap dunia pendidikan, dia menunjukkan karya yang luar biasa selama masa mengajarnya sepanjang karirnya di SBM ITB. Beliau terpilih sebagai Interest Group/Expertise Group Head tahun 2011 hingga 2017 dan terpilih sebagai Direktur Program Sarjana Kewirausahaan selama 5 tahun, 2013 hingga 2018. Selain itu, Prof. Wawan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Senat Akademik ITB sejak 2019.

Dia juga menunjukkan komitmennya dengan mengajar beberapa kelas dan juga menulis beberapa buku tentang kewirausahaan dan manajemen teknologi. Selain itu, ia juga melakukan beberapa penelitian yang berfokus pada ekosistem entrepreneurship, digital start-up, usaha kecil menengah, dan inovasi bisnis. Melalui dedikasinya terhadap ilmu dan kemajuan pengajaran, Prof. Wawan Dhewanto, ST., M.Si., Ph.D. berhasil menjadi peraih IEOM Society Outstanding Professor in Business Management Award dan menjadi kebanggaan bagi SBM ITB itu sendiri.

Kontributor: Tjia Alphani, Kewirausahaan 2022