Kini para pengusaha UMKM dituntut untuk bisa menghadirkan bisnisnya secara digital, terutama semenjak adanya pandemi Covid-19, yang berdampak sangat besar terhadap UMKM. Banyak UMKM terdampak pandemi Covid-19 sehingga mengalami penurunan pembelian. DMSN (Decision Making and Strategic Negotiation) ITB menghadirkan aplikasi ponsel “Sadulur” untuk mengantar UMKM menuju transformasi digital. Aplikasi ini diperkenalkan lewat acara Eksis Digital Bisnis: Aplikasi “Sadulur” Sobat Sukses UMKM Jawa Barat Naik Kelas Menuju Transformasi Digital pada.Kamis (30/6/2022).

“Aplikasi ini dirancang untuk membantu UMKM beradaptasi setelah terdampak pandemi Covid-19. Dalam aplikasi ini pun UMKM, stakeholders, dan pemangku kebijakan dapat bersinergi bersama,” ujar Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat, Tatang Suryana Dr. Tatang Suryana. Ia menambahkan bahwa aplikasi ini bisa digunakan untuk membangun strategi bisnis efisien. Bisa juga sebagai database untuk material pengembangan komunitas UMKM Jabar.

Liseu Purnamasari, Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKINDO) menambahkan bahwa 90% usaha di Indonesia adalah UMKM. Menurutnya UMKM harus bisa go-digital untuk bertahan. Selain bersinergi dengan pemerintah, universitas, BUMN, HIPMIKINDO juga mengadakan pelatihan daring selama pandemi berlangsung. Sebab di pandemi ini, masyarakat harus beradaptasi scara pola pikir dan infrastruktur.

Aplikasi Sadulur menghadirkan daftar UMKM yang sudah terdaftar di fitur home. Di dalam profil-profil UMKM yang terdaftar tertera pula deskripsi, produk, kontak, dan platformplatform yang mereka gunakan untuk berniaga. Ada pun fitur event berisi jadwal acara-acara relevan serta fitur pengumuman yang berisi pengumuman resmi, pengumuman acara, atau surat edaran. Kemudian ada pula fitur statistik yang terintegrasi dengan media analytics ITB. Di dalamnya ada datalab media sosial. Terakhir ada fitur coaching untuk para pengguna berdiskusi dengan pakar-pakar SBM ITB. Pengguna bisa mengatur jadwal dan  menentukan topik yang akan didiskusikan.

Aplikasi Sadulur sudah bisa diunduh di Playstore, sementara dengan nama aplikasi “DMSN ITB”. Kedepannya aplikasi tersebut akan dihadirkan di Playstore sesuai dengan nama aslinya, yakni “Sadulur”.

Written by Student Reporter (Hadiyanti Ainun Atika, YP MBA 2021)