“Lulus kuliah mending lanjut kuliah atau kerja dulu?” sering menjadi pertanyaan yang direnungkan oleh para lulusan S1 di Indonesia. Ditengah dunia kerja yang semakin kompetitif, tak jarang ditemukan para lulusan S1 yang belum mendapatkan pekerjaan atau berada di pekerjaan yang kurang sesuai dengan minat dan potensi. Hanya di SBM ITB Talks, Melvin Mumpuni, Founder dari Finansialku.com, juga lulusan dari MBA ITB, berbagi cerita dan wawasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Cerita Melvin Dari S2 Hingga Finansialku
Melvin mengikuti program MBA ITB karena keinginannya untuk mendapatkan kemampuan manajerial. Master’s sudah tidak lagi hanya membahas materi yang teoritis, tetapi lebih terfokus akan studi kasus yang ril, dan ilmu tersebut dapat diimplementasikan di dunia kerja. Ia juga berbagi bahwa beberapa kemampuan yang didapatkan termasuk kemampuan berpikir kritis, pembuatan keputusan, dan analisis berdasar. Ternyata selama menempuh pendidikan S2, Melvin melihat adanya kesempatan, melakukan penelitian, serta didampingi sumber daya dari MBA ITB, Ia mencetuskan ide Finansialku.

 

Tingginya Angka Pengangguran Sarjana
Tingkat pengangguran di Indonesia tercatat sebesar 5,38 persen, dimana 14% dari angka tersebut adalah lulusan diploma dan sarjana. Melvin berpendapat bahwa kini persaingan semakin ketat, kian lama kian banyak lulusan sarjana di Indonesia. Sekarang gelar saja tidak cukup, tetapi dibutuhkan kemampuan khusus untuk para lulusan. Ia pun merekomendasikan 3 kemampuan utama untuk dimiliki: komunikasi, memimpin, serta mengatur uang dan finansial. 

 

Konsiderasi memilih S2 atau Kerja
Tidak ada satu pilihan yang lebih mudah daripada lainnya. Namun, dalam memilih kedua pilihan harus mempertimbangkan kesempatan yang ada. Keduanya ada plus minusnya masing-masing, tetapi memang menempuh S2 dapat membantu untuk menjemput kemampuan manajerial dan penting untuk keberlangsungan career path. Melvin berpesan, fokus terlebih dahulu terhadap apa yang menjadi concern masing-masing. Pada akhirnya, urutan S2 atau kerja dulu tidak apa-apa Sobat SBM.

Student Announcer: Stella (Bachelor of Management 2023)
Interviewee: Melvin Mumpuni ST, MBA, CFP®, QWP (Financial Planner & Founder Finansialku.com, Executive MBA Alumni Class of 2011)