Magister Sains Manajemen (MSM) dan Doktor Sains Manajemen (DSM) menyelenggarakan Kopi Sore di Kresna Lounge SBM ITB, pada Kamis (6/10/22). Dr. Sahat Hutajulu S.T. M.M, doktor manajamen science lulusan Sekolah Bisnis Manajemen ITB, menjadi pembicara dalam kopi sore tersebut, dengan membawakakan tema State of The Art (SOTA), yaitu alat bantu mahasiswa dalam menentukan topik riset dan menulis jurnal ilmiah.

Sahat mengenalkan SOTA sebagai istilah dalam mengungkapkan suatu hal terkini, terbaru, atau ramai diperbincangkan. Dalam ranah riset, SOTA juga dapat berarti topik penelitian terkini, topik hangat yang dapat didiskusikan, atau hasil penelitian terbaru. Sahat menambahkan, bahwa “art” dalam SOTA bukan berarti seni, tetapi lebih merujuk kepada teknik, teknologi, atau metodologi terbaru yang digunakan.

“Bagaimana kita tahu bahwa hal yang kita tulis adalah SOTA? Cuma ada satu cara, yaitu dengan belajar. Melakukan SOTA review atau critical literature review,” jelas Sahat.

Belajar, menurut Sahat, bisa menyesuaikan dengan gaya belajar masing-masing. Entah dengan menonton video, mendengarkan podcast, atau dengan membaca artikel-artikel ilmiah terkini sebagai sumber yang terpercaya. Ketika sudah cukup banyak mendapat informasi, ujar Sahat, barulah dapat menemukan hal atau gap yang belum dibahas oleh orang lain.

“Menulis SOTA menurut saya 90% nya adalah belajar, 10% nya menggali apa yang orang lain sudah tulis,” tambah Sahat.

Kopi Sore ini berawal dari keresahan dan kebingungan mahasiswa ketika diharuskan membuat riset, yang ternyata juga menjadi keresahan bagi mahasiswa-mahasiswa DSM lainnya. Beberapa mahasiswa kemudian memutuskan untuk membuat wadah diskusi santai dengan mahasiswa lainnya untuk mengobati keresahan tersebut.

Rencananya, topik yang akan dibawakan pada episode Kopi Sore selanjutnya tidak hanya terbatas dalam ranah riset, tetapi akan menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa lainnya. Mulai dari mahasiswa S1, MBA, MSM, hingga DSM.

Kontributor: Reyna Aszzura Rasyida, Manajemen 2024