Tujuan waralaba internasional adalah untuk mencapai ekspansi di seluruh dunia. Berbicara disebuah diskusi SBM ITB, Nilamsari Sahadewa, pendiri dan direktur pengembangan bisnis Baba Rafi, mengatakan waralaba bisa menjadi strategi cerdas untuk meningkatkan pendapatan jangka panjang dan masa depan

Menurut Nilamsari, waralaba dan lisensi merupakan salah satu pendekatan untuk masuk ke pasar internasional. Baba Rafi sudah mengembangkan pasarnya secara internasional lewat strategi itu.

Waralaba internasional secara konsep adalah memberikan izin kepada pemilik bisnis asing untuk membuka waralaba. Akan tetapi perlu dicatat bahwa fase awal dalam memulai waralaba internasional bisa jadi sedikit sulit dan memerlukan beberapa strategi.

Sebelum kita dapat mengembangkan bisnis, kata Nilamsari, merancang produk yang relevan dengan pasar dan memilih segmentasi adalah dua tahap paling penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama-tama kita harus mengukur potensinya dengan mengembangkan model bisnis yang sukses di tingkat lokal.

Pasar lokal harus stabil dan siap untuk ekspansi global. Setelah itu, kita juga perlu membentuk tim atau divisi internasional untuk mengelola bisnis internasional. Kemudian, mengerahkan tim peneliti untuk mengidentifikasi perbedaan lokal dalam aspek budaya dan perilaku untuk meningkatkan pendekatan target pasar.

Lebih lanjut, untuk membuat waralaba lebih menarik di mata global, kata Nilam, kita dapat menggunakan sejumlah strategi, seperti mengambil bagian dalam pameran waralaba, iklan Instagram dan Google, dan promosi bersponsor. Di era digitalisasi, pebisnis juga perlu aktif secara global di media sosial, dengan begitu dapat menggunakan saluran tersebut untuk menyoroti keunggulan waralaba kita dan menarik pembeli potensial.

Kontributor: Agung Pratama, MBA YP 2022