Siapa yang tidak familiar dengan Tokopedia? Startup yang didirikan sejak tahun 2009 itu terkenal dengan pertumbuhan gigantiknya. Untuk mempelajari strategi dibelakangnya, SBM ITB mengundang Aldino Jazmi, Product Manager Senior Lead Tokopedia di sesi kuliah tamu pada Selasa, 10/04/2022.

Menurut Aldino, fondasi terpenting yang perlu dimiliki sebuah perusahaan adalah visi yang jelas. Visi seperti kompas yang menentukan ke arah mana perusahaan bergerak. Kita harus memastikan ia berjalan dengan baik ke jalan yang tepat.

“Di Tokopedia, visi kami adalah untuk membangun sebuah ekosistem super di mana setiap orang dapat memulai dan menemukan apa saja,” kata Aldino. “Kami bertujuan untuk memberi dampak pada sebanyak penjual, users, dan UMKM yang kami bisa dan mendorong ekonomi Indonesia.”

Selain itu, agar dapat meningkatkan skala bisnis (scale-up), sebuah bisnis harus memiliki pola pikir bertumbuh dan siap menghadapi tantangan. “Apalagi di industri startup, pace-nya sangat cepat, kompetitor dimana-mana mengeluarkan inovasi. Dengan growth mindset, kita bisa mengatasi tantangan-tantangan tersebut,” Aldino menjelaskan.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian sebuah bisnis saat scaling-up adalah fokus terhadap kebutuhan konsumen. Menurut Aldino, banyak startup masih belum dapat mencapai product-market fit, artinya startup-startup tersebut menciptakan sesuatu yang belum tentu dibutuhkan oleh publik.

“Banyak startup yang masih memakai ‘kacamata kuda’, jadi terlalu fokus dengan visinya sendiri tanpa memikirkan konsumen. Padahal, pada akhirnya, kita hadir untuk memberi solusi atas masalah yang dihadapi konsumen. Jadi, put our customers first. Pastikan produk yang kita develop betul-betul mengatasi masalah konsumen,” papar Aldino.

Terakhir, strategi Tokopedia dalam scaling-up adalah perbaikan yang terus-menerus. Sebuah bisnis harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Maka, reiterasi dan evaluasi perlu dilakukan secara terus-menerus.

Kontributor: Janitra Nuraryani, Management 2023