Pendiri NIION, merek tas lokal asal Bandung, Aditya Rahman alias Adit Yara, berkesempatan mengisi kuliah tamu kelas Kewirausahaan SBM ITB pada hari Jum’at, 18/11/2022. NIION sudah berdiri sejak 10 tahun lalu dan kini makin dikenal berbagai kalangan. 

Adit memulai usahanya itu ketika masuk kuliahan magister di Magister Administrasi Bisnis (MBA) ITB. Dia berkeinginan menjadi pengusaha dan punya ide berjualan tas dengan konsep “running bag”. 

Target pembeli saat baru memulai usahanya adalah teman-teman sekelasnya. Sebelum berjualan, Adit melakukan survei kecil kepada teman-teman sekelasnya, menanyakan pendapat mereka tentang model tas yang ia jual. Saat itu 80% teman sekelasnya membeli tas jualan Adit.

Adit punya kebiasaan nongkrong bersama teman-temannya dan itu membawa berkah. Salah satu tempat favoritnya untuk berkumpul adalah di Oz Radio. 

Ini merupakan titik awal brand NIION dikenal berbagai kalangan. Program Director dan PR Oz Radio kala itu ditawari berkloborasi dalam Color Run, kegiatan ulang tahun radio. 

Adit diminta menyediakan tas sebanyak 1500 keping. Saat hari pelaksanaan, seluruh peserta Color Run memakai tas tersebut dan tidak sedikit dari mereka mempostingnya ke social media. Postingan itu membuat semakin banyak masyarakat yang tahu dengan NIION. Permintaan tas NIIOS meningkat. 

Menurut Adit, NIION berusaha untuk selalu mengadakan promosi organik, yaitu melakukan strategi promosi tanpa melibatkan alat promosi digital berbayar yang sedang marak saat ini. Adit menambahkan, strategi pemasaran yang paling ampuh untuk brand NIION adalah melalui promosi atau testimoni dari pelanggan, atau pemengaruhi, yang memposting produknya ke sosial media. 

“NIION juga selalu hadir dalam acara bazaar produk lokal yang sering dijumpai di Mall,” kata Adit. 

Adit memfokuskan penjualan produk ke e-commerce. Saat ini, 60% lebih pembelian berasal dari e-commerce. 

Adit percaya, running bag warna-warni laku keras karena masyarakat senang memadukan tas nyentrik dengan sepatu lari mereka. Pada saat itu model tas selempang banyak digemari. Sejak saat itu, brand NIION menawarkan berbagai model tas lain dan beragam. 

Tahun ini Adit membawa beberapa gebrakan. Bersama istrinya, Qisthina Ghaisani, NIION mengeluarkan seri “Friends and Family” (fnf). Dengan meluncurkan 4 model tas mini dan unik, fnf disambut baik oleh berbagai kalangan masyarakat khususnya para wanita. Saat launching seri fnf di event Trademark, hanya dalam 3 jam, tas itu laku 400 keping.  

Adit berbagi tips dan motivasi bisnis kepada kelas Kewirausahaan melalui sesi tanya jawab. Pesannya, jika ingin memulai bisnis, kita harus menetapkan juga “garis finish” bisnis kita. Dalam kata lain, kita harus menyusun strategi produk kita ingin dikenal seperti apa, dan akan dibawa kemana. Selain itu, kita harus rajin bergaul dan memperluas relasi agar brand kita mencapai pasar yang lebih luas.

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022