Tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) jagi bagian penting dalam bisnis perusahaan. Community Development PLN Indonesia Power Taufan Kurniawan mengatakan CSR bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat, menjalin silaturahmi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan eksternal, membangun citra perusahaan yang baik, dan memfasilitasi pengembangan perusahaan yang berkelanjutan.

Selain itu, CSR juga memungkinkan perusahaan untuk membuka lapangan kerja bagi pihak lain. Selain itu, CSR merupakan media promosi bagi perusahaan itu sendiri. Taufan memaparkan materi tersebut saat mengisi kuliah tamu Corporate Social Responsibility di SBM ITB pada Senin, 15/11/2022. 

Menurut Taufan, PLN bertekad untuk menyelaraskan pembangunan tiga aspek penyediaan tenaga listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Untuk itu PLN mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata SCR.

Taufan Kurniawan memberikan contoh CSR PLN di PLTA Waduk Saguling. Kondisi lingkungan di waduk PLTA Saguling adalah sempadan yang dialihfungsikan, dan limbah terbuang di waduk. Ada banyak gulma air atau eceng gondok, dan limbah kimia yang menimbulkan permasalahan lingkungan seperti erosi, sedimentasi yang menghalangi intake, dan kualitas air yang buruk. 

Dalam upaya memelihara Waduk Saguling, menurut Taufan, PLN telah melakukan beberapa kegiatan, antara lain bathimetri, yaitu pemantauan laju sedimentasi dan umur layanan waduk serta mengetahui volume kapasitas waduk; pemantauan hidrologi dan klimatologi; pemantauan kualitas air; pembersihan sampah dan air gulma; penghijauan sabuk hijau; inspeksi bendungan, dan  penambahan volume air ke waduk.

Selain itu, kata Taufan, PLN mendedikasikan program lingkungan yang disebut “Citarum Harum” yang bertujuan untuk mengendalikan pencemaran dan kerusakan DAS untuk pelestarian fungsi, termasuk pencegahan, mitigasi, dan pemulihan. Beberapa kegiatan dalam program Citarum Harum yaitu penanaman pohon bersama Bupati Bandung Barat, membahas sinergi program Citarum Harum, dan pembersihan waduk bersama masyarakat, kepolisian, dan TNI, serta beberapa kunjungan dinas ke PLTA Saguling.

PLN juga menawarkan bantuan kemitraan kepada pelaku usaha untuk memberdayakan produk lokal yang juga selaras dengan pelestarian lingkungan. Beberapa mitra PLN yang telah bekerja sama dengan PLN adalah Kopi Pangalengan, mitra untuk eceng gondok (pengolahan eceng gondok untuk produk pakan ternak), dan Bamboo Corner sebagai alternatif masalah sedimentasi waduk Saguling akibat erosi.

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022