SBM ITB melalui The Greater Hub menggelar webinar kedua di metaverse, SBM VERSE, pada Jumat (11/11/2022). Mengangkat topik Memperkenalkan Produk Kepada Pasar, kegiatan ini mengundang Investment Professional pada Alpha JWC Ventures, Felicia Grace. Perwakilan startup binaan The Greater Hub serta civitas SBM ITB turut menghadiri webinar ini. 

Menurut Felicia, memperkenalkan produk kepada pasar penting agar produk dilirik konsumen. Dalam materi “Go-To-Market Strategy” yang dipaparkan, menurut Felicia, pengenala itu dapat dimulai dengan memilih target pasar. Ini penting karena jika target pasar tidak sesuai, maka produk akan kurang diminati. Selain itu, kelebihan produk harus diperhatikan untuk meningkatkan minat konsumen. Pebisnis harus dapat menentukan pain points yang menjadi alasan produk dihadirkan, yang akan dijawab oleh product value. 

Felicia melanjutkan, dalam perkenalan produk, perusahaan juga harus tahu bagaimana memposisikan produk di benak para pelanggan melalui penempatan merek, yang dapat digambarkan sebagai sejauh mana produk dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di benak konsumen. 

“Jika poin-poin tersebut sudah dipersiapkan, maka kita dapat menyusun strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan.” tambah investor profesional itu. 

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif oleh para peserta kegiatan, salah satunya Dinara Tsabita. Menurutnya, kegiatan ini menarik untuk diikuti karena selain memberikan manfaat, juga dengan dilaksanakannya di SBM VERSE menjadi sebuah alternatif baru yang memberikan kesan baru dalam dunia pendidikan.

Kontributor: Bashravie Thamrin, Manajemen 2024