Pernahkah Anda merasa sulit untuk mengatakan tidak kepada seseorang? Atau pernahkah Anda mengatakan “ya” untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Anda inginkan?

Respons “tidak” datang lebih lambat daripada respons “ya”, apa pun bahasa yang digunakan. Menurut Dr. Vanessa Patrick, manusia dibesarkan untuk selalu mengatakan “ya”, bahkan untuk hal-hal yang semula ingin mereka katakan “tidak”.

“Masyarakat sebenarnya menyuruh kita untuk mengatakan ‘ya’. Orang tua dan guru kami menyuruh kami untuk kooperatif, untuk mengatakan ‘ya’, meskipun terkadang kami ingin mengatakan tidak,” kata Vanessa Patrick Guru Besar Pemasaran Bauer College of Business at the University of Houston.

Seiring berjalannya waktu, kita pun mulai merasa sulit untuk mengatakan tidak.

“Pilihan bagi orang yang tidak bisa berkata ‘tidak’ ada dua, berkata ‘iya’ atau ‘diam’,” tambah Vanessa. 

Menurut Vanessa, manusia lebih sulit untuk mengatakan tidak karena itu perlu penjelasan dan alasan dari orang yang kita bantah. Ini disebut konsekuensi dari mengatakan tidak.

Ketakutan untuk mengatakan tidak juga berasal dari dorongan untuk menghindari konflik atau konfrontasi. Alasan lain mengapa orang cenderung khawatir untuk mengatakan tidak adalah karena mereka ingin menjaga reputasi mereka dan tidak ingin mengecewakan orang lain, atau menyakiti perasaan mereka.

Penulis Miki Hebl dan Eden King menyebut teori O’Brien yang mengatakan ada perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan yang mengatakan tidak. Perempuan lebih sulit untuk mengatakan tidak.

Hal ini disebabkan oleh dua faktor. Wanita lebih mungkin diminta untuk melakukannya dan wanita lebih mungkin untuk mengatakan ya untuk tugas-tugas ini.

“Untungnya ada keterampilan untuk mengatakan tidak, terutama kepada orang yang tidak bisa mengatakan tidak,” katanya.

Ketika Anda mengatakan ya untuk sesuatu, Anda mengatakan tidak untuk sesuatu yang lain. Pilih salah satu yang lebih menguntungkan Anda. Mengatakan tidak bukan berarti tidak melakukan pekerjaan Anda, tetapi mengetahui pekerjaan Anda, dan melakukan pekerjaan itu tepat pada batas waktu pekerjaan itu.

Ada alat untuk mengatakan tidak. Karena apa yang Anda katakan “tidak” itu penting, tetapi bagaimana Anda mengatakan tidak itu lebih penting.

Penolakan yang diberdayakan, disampaikan dengan keyakinan dan tekad menggunakan isyarat verbal dan non verbal akan sangat membantu. Dalam jangka pendek, katakan tidak tetapi perlu diingat untuk menjaga hubungan.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membangun penolakan yang berdaya. Mengkomunikasikan tanggapan penolakan, Melibatkan identitas (nilai, preferensi, prinsip, dan prioritas), dan menjaga reputasi dan hubungan serta tidak mengundang penolakan.

Written by Student Reporter (Muhammad Zem, Management 2023)