SBM ITB melalui The Greater Hub menggelar Bandung Startup Pitching Day (BSPD) yang kedua dalam tahun 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara The Greater Hub, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, ITB Career Center, Geek Hunter, Startup Bandung, BLOCK71 Bandung, dan Xendit.

BSPD kedua pada 2022 ini dilaksanakan pada Selasa (13/12/2022) di Auditorium Nemangkawi, Gedung Labtek XIX Freeport SBM ITB. Sebanyak 21 startup terpilih hadir bertemu dengan para perwakilan calon investor. 

Bandung Startup Pitching Day merupakan sebuah kegiatan yang dihadirkan untuk memfasilitasi para pendiri startup di Kota Bandung untuk mempresentasikan bisnis mereka di depan para investor yang berpengalaman. Bagi yang berhasil menjadi pemenang nominasi, akan berkemungkinan untuk mendapatkan kredit dari AWS dan Xendit dengan total senilai 68,000 USD serta fasilitas 3 bulan menggunakan working space yang disediakan oleh BLOCK71. 

Selain mempresentasikan bisnis mereka, para pendiri startup juga mendapatkan ilmu dalam peningkatan bisnis serta kesempatan menarik investasi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Ventures Mentor Michael Fox. Menurut Fox, kita harus memahami perkembangan untuk melahirkan ide bisnis yang inovatif.

“Investor sedianya sangat tertarik dengan inovasi yang berkelanjutan. Sebagai pengusaha harus peka terhadap hal itu.”

“Pelaku startup juga harus memperhatikan komunikasi kepada calon investor. Hendaknya harus memperlihatkan profesionalitas serta keyakinan kita sendiri terhadap bisnis kita.”

Di akhir kegiatan, para panelis mengumumkan pemenang yang juga sudah sangat  ditunggu oleh para peserta. Untuk kategori The Most Marketable, dimenangi oleh Digital Skola dengan inovasinya dalam pendigitalisasian pendidikan informal.

Kategori The Most Impactful diraih oleh Idemes. Sedangkan untuk kategori The Best Pitch Startup diraih oleh Nasho yang memproduksi pembersih kacamata anti embun. Terakhir, untuk kategori The Most Innovative dimenangi oleh Greenlabs yang berinovasi di ranah bioresources untuk lingkungan yang berkelanjutan.

Direktur The Greater Hub SBM ITB, Dina Dellyana berharap makin banyak para pendiri startup yang terinspirasi untuk terus berkembang. Dina berharap para startup yang mengikuti kegiatan kali ini dapat memanfaatkan koneksi dengan para investor yang ada untuk terus mengembangkan bisnis mereka yang memang sangat bagus.

Salah satu perwakilan pemenang nominasi, CEO Digital Skola, Aditia Soleh, menyambut antusias kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat  baik dan dapat terus memberikan ruang bagi pengusaha muda yang memiliki ide baru yang inovatif untuk berkembang. Menurut dia, Digital Skola kini tengah merencanakan untuk peningkatan bisnis mereka, berkolaborasi dengan alumninya yang sudah sukses. 

Kontributor: Bashravie Thamrin, Management 2024