SBM ITB Kampus Jakarta sukses menggelar acara tahunan Leadership Night 2022 di Jakarta, Hotel JS Luwansa, pada Selasa (11/12). Acara juga berlangsung hibrida yang bisa disaksikan lewat online.

Leadership Night berisi agenda wawasan kepemimpinan dan ajang penghargaan kepada mahasiswa, alumni, dan civitas akademik SBM ITB Jakarta Campus terbaik yang memberi dedikasi bagi kampus. Konsisten selama 11 tahun mengundang pemimpin inspirasional nusantara untuk menjadi Public Lecture, tahun ini Leadership Night 2022 mendatangkan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk menyampaikan beberapa pengalaman dan capaiannya selama menjabat menjadi Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat hingga kini. 

Tema public lecture yang dibawakan Kang Emil adalah “In Harmonia Progressio: Dari Ganesha Bangun Jabar Juara”. Kang Emil menyampaikan bahwa kita semua adalah pemimpin. Paling mendasar, kita adalah pemimpin bagi diri sendiri. 

Contohnya, dalam setiap keputusan yang kita ambil, hal tersebut sudah menggambarkan peran seorang pemimpin: mengambil keputusan. Tahapan pemimpin selanjutnya setelah pemimpin diri sendiri adalah pemimpin keluarga, dan pemimpin masyarakat.

Menjadi seorang pemimpin, Kang Emil berpegang teguh pada prinsip yang diajarkan dari agama Islam, yaitu niatkan kepemimpinan untuk ibadah, komitmen memberikan manfaat bagi banyak orang, dan sadar bahwa kekuasaan sifatnya hanya sementara. Adapun ragam kebermanfaatan yang dimaksud tidak hanya berupa manfaat materi, namun juga memberi manfaat dengan waktu, memberi manfaat dengan tenaga, memberi manfaat dengan ilmu, dan memberi manfaat dengan kekuasaan. Hal tersebut pula harus dijalankan dengan ikhlas. 

Kang Emil menambahkan ukuran kepemimpinan di nilai dari dua aspek, personality dan daya transformasi. Kang Emil terkenal dengan gaya kempemimpinan yang santai, humoris, dan senang bersapa langsung dengan masyarakat. Berdasarkan eksperimen beliau, hal tersebut yang menjadikan masyarakat percaya dan akrab dengan pemimpinnya. Namun, tidak hanya dari personality, seorang pemimpin juga harus memiiki kompetensi profesional, adaptif terhadap perubahan, visioner, dan inovator. 

Sebagai penutup, saat sesi tanya jawab Kang Emil menyampaikan bahwa kita harus menjadi pribadi yang bisa mendengarkan orang lain. Terima kritik positif dan selalu berusaha menjadi lebih baik setiap harinya. Jika mendapat masalah, harus hadapi dengan optimis. Bergaul dengan lingkungan yang baik karena networking is everything. 

Setelah public lecture, Leardership Night 2022 berlanjut dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa, alumni, dan civitas akademik. Berikut adalah penerima penghargaan beserta kategorinya:

Penghargaan Best Student Business Leadership Executive MBA
Fiona Diserty Sebayang dan Weni Levin R. Blegur

Penghargaan Best Student Entrepreneurship MBA
Rahma Hanum Kusuma Putri dan Siti Azzahra Khairunnisa 

Penghargaan Best Student General Management MBA
Reza Rhamadany dan Marco David Hamonangan 

Penghargaan Best Student Strategic Marketing Executive MBA
Noski Pandapotan Samosir

Penghargaan Best Student Energy Management Executive MBA
Rahardian Aji Saputra

Penghargaan Best Student Sustainability Executive MBA
Joyanta Chakraborty

Penghargaan Best Student Doctor Sains in Management
Akhmad Hadi Susanto

Penghargaan Best Academician Lecturer
Amilia Wulansari

Best Practitioner Lecturer
Rivana Meyaza

The Distinguished Alumni
Nicky Claraentia Pratiwi

10 Years of Service and Dedication (Civitas Akademika)
Desmiarti

The Most Outstanding Staff SBM ITB Jakarta Campus
Kinanti Utami

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022