Perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia semakin pesat sehingga menarik minat banyak investor. Namun untuk mendapatkan pendanaan dari investor besar, startup harus melalui sejumlah tahap. Menurut Alpha JWC Ventures, salah satu modal ventura yang telah banyak memodali startup di Indonesia, paling tidak ada tujuh tahap pendanaan perusahaan rintisan. 
Tahap paling awal adalah pendanaan benih atau kerap disebut seed stage. Fase ini mencakup penelitian konsep dan perencanaan bisnis. 

Tahap berikutnya adalah masuknya angel investors. Pada tahap ini biasanya sudah ada  agenda perkembangan produk. 

Tahap selanjutnya adalah early stage. Baru setelah itu diikuti oleh pendanaan series A, series B, dan series C. Terakhir adalah tahap mezzanine, di mana pendanaan sudah sampai pada tahap persiapan menuju initial public offering atau melantai di bursa efek.

Teresa Chelsea Hartanto, Investment Professional Alpha JWC Ventures menjelaskan tahapan investasi pada startup itu ketika mengisi sesi diskusi SBM ITB pada Jumat (22/2) secara virtual. 

Saat ini JWC tercatat telah berinvestasi di sejumlah perusahaan rintisan seperti Lemonilo, Kopi Kenangan, dan lain sebagainya. Selain investasi, perusahaan ini juga berfokus pada kegiatan pendanaan operasional dan penciptaan nilai bersama dengan mitra. Sebagai investor dan pengelola dana, JWC berusaha memastikan investasi mereka bersama mitra akan sukses dalam waktu yang panjang. 

Menurut Chelsea, untuk menjalankan investasi yang baik, diperlukan sejumlah strategi. Salah satunya memperhatikan CAP Table. 

CAP Table adalah sebuah dokumen yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan, jumlah biaya yang harus dibayar oleh pihak pemilik untuk mendapatkan kepemilikan perusahaan, dan jumlah sekuritas yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan catatan bahwa saham pemilik terdiri dari 2 jenis, pemilik biasa dan preferen. 

CAP table juga berisikan PPS (Price Per Share) dan ESOP (Employee Share Option Pool). Menghitung PPS bisa dengna dua cara, yakni penilaian pra-uang dibagi saham sebelum investasi dan penilaian uang sesudah dibagi saham sesudah investasi. Demikianlah, dalam sesi diskusi itu, Chelsea menjelaskan bagaimana tahap berinvestasi di startup dan strategi agar investasi berjalan dengan baik. 

Teresa Chelsea Hartanto, Investment Professional Alpha JWC Ventures, menjelaskan tahapan investasi pada startup
Kontributor: Luthfaliya Zahira, Manajemen 2025