Produsen kantong pipis (urinoir bag) asal Bandung, CV Sankimo Okta, punya model bisnis unik. Mereka megimplementasikan praktik bisnis berkelanjutan bernama GUSTI: Gesit Digital, Untung, Sirkuler, Tahan Bandung, dan Inklusif. 

Dalam membuat kantong pipis, mereka menggunakan plastik yang mudah terurai. Mereka juga  menggunakan pot polybag untuk pembenihan, serta menjadikan limbah dari urinoir bag bisa terurai menjadi pupuk. 

“Karena dalam berbisnis, selain profit dan people, kita juga harus peduli sama planetnya agar bisnis kita lestari,” kata Mariana Oktavia, Chief Finance Officer (CFO) dan Co-Founder dari CV Sankimo Okta Violet, saat mengisi kuliah tamu Business Model and Product Innovation di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Bandung, pada Jumat (17/3). 

Mariana memamparkan presentasi berjudul  “Business Model and Product Innovation for Sustainable Business” dalam kuliah tamunya tersebut. Marian membuat bisnis ini sering menemukan tulisan “Jangan Kencing di Sini” saat studi magister di Filipina. Sekembalinya di Indonesia, Mariana merasakan keresahan untuk tidak dapat menahan buang air kecil dialami banyak orang.

Belum ada solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Terkadang, jika kita tak menemukan toilet, kita memanfaatkan plastik buat wadah kecing, yang justru memunculkan bau tidak sedap. Dari situlah, Mariana mulai berinisiasi untuk membuat urinoir bag.

Dibantu pasangannya pada kala itu, proses pengembangan produk berjalan dua tahun. Mulanya kertas sebagai bahan utamanya, hingga beralih kepada plastik yang bagian dalamnya memiliki teknologi gel untuk menyerap urin. Persis seperti cara kerja diapers. 

Pada 2019, proses trial and error produk tersebut akhirnya membuahkan hasil. Sankimo Okta Violet menang sebagai UMKM Juara Jawa Barat. Dalam menjalankan bisnisnya, Mariana sangat memperhatikan setiap aspek dalam model bisnisnya. 

“Di kantor ada poster model bisnis dengan ukuran besar yang selalu kami evaluasi secara berkala,” kata Mariana. 

Mariana selalu memastikan setiap produk urinoir bag Sankimo dibedakan sesuai dengan pelanggannya. Tidak ada barang reject yang dijual. Setiap key partners bisnisnya mendapatkan perlakuan yang terbaik. Sankimo juga terus berinovasi dengan mengeluarkan berbagai macam produk lainnya dengan rentang harga yang bervariasi, sehingga dapat menjangkau seluruh segmen ekonomi masyarakat.

Kontributor: Firstya Maulida, Kewirausahaan 2023