Elan Pradana, mahasiswa senior jurusan Manajemen di SBM ITB, baru-baru ini mencapai tonggak penting. Selain diundang menghadiri The Harvard College Project for Asian and International Relation (HPAIR) 2023, ia bersama timnya juga menang dalam kompetisi yang digelar di acara tersebut. Acara bereputasi tinggi yang telah berusia 30 tahun ini mempertemukan mahasiswa dan profesional muda dari berbagai negara di seluruh dunia untuk bertukar ide, belajar dari tokoh terkemuka di pemerintahan, bisnis, sektor sosial, dan akademisi, serta memupuk keterampilan kepemimpinan.

Elan menjalani proses seleksi yang ketat, yang dimulai pada November 2022. HPAIR 2023 berlangsung mulai 17-19 Maret 2023 di kampus Harvard University, Boston, AS. Selama di sana, Elan menghadiri berbagai seminar, coaching session, konferensi, seminar eksklusif, dan case challenge yang menguji kemampuan dan pengetahuan peserta.

Elan adalah bagian dari tim yang terdiri dari enam peserta, semuanya dari berbagai latar belakang dan negara. Dia sangat termotivasi untuk menyatukan ide-ide mereka dan muncul sebagai pemenang dalam kompetisi. 

“Saya tidak menyangka akan menang karena peserta program ini sangat banyak, termasuk aktivis internasional dan kebanyakan non mahasiswa,” kata Elan di Bandung, Rabu (22/3). 

Kerja keras dan dedikasinya membuahkan hasil. Dia dianugerahi penghargaan yang mengakui kinerjanya yang luar biasa.

Menurut Elan, HPAIR merupakan kesempatan luar biasa untuk memperluas wawasannya, bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang, dan berjejaring dengan mereka. Ia terkesan dengan kualitas pembicara dan tingkat wacana selama acara berlangsung. 

Elan masih mengingat dengan baik satu pernyataan khusus dari Akhil Gupta, salah satu pembicara dalam acara tersebut. Aqil menekankan pentingnya memiliki “global mindset” untuk membawa perubahan di kancah global. 

Elan berharap prestasinya di HPAIR dapat memotivasi mahasiswa SBM lainnya untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mewujudkan potensi diri secara maksimal. 

“Hidup tidak dimenangkan tanpa mengambil risiko,” katanya, menekankan pentingnya berani dan berinisiatif untuk mencapai tujuan.

Sebagai Pemimpin Redaksi Luminaire Collective, platform media yang dikelola mahasiswa di SBM ITB, Elan berencana untuk menerapkan hal-hal yang ia pelajari dari konferensi tersebut ke dalam kehidupan dan pekerjaannya sehari-hari. Dia ingin fokus mengubah pola pikirnya dan menerapkannya pada Luminaire Collective. Dia percaya bahwa ini akan memberikan dampak yang lebih signifikan pada audiens dan pemangku kepentingan platform, dan pada akhirnya membantunya mencapai tujuan pribadi dan profesionalnya.

Kontributor: Muhammad Zem, Manajemen 2023