Tahun ini, 10 mahasiswa SBM ITB berhasil lolos untuk mengikuti program beasiswa Indonesian the Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 ke universitas terkemuka di luar negeri, yaitu di Inggris, Amerika Serikat, Singapura, Australia, Korea Selatan, dan Italia (14/4/2023). Setelah menjalani serangkaian program seleksi, para mahasiswa ini mampu menjadi salah satu dari 1.692 penerima beasiswa IISMA 2023 dari total 12.704 pendaftar.

IISMA adalah skema beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam rangka memberikan kesempatan kepada pelajar Indonesia untuk mengikuti program mobilitas selama satu semester di universitas ternama dunia. Setiap tahunnya, jumlah pendaftar IISMA terus mengalami peningkatan, hingga berhasil mencapai puncak lagi sebanyak 12.704 pendaftar di tahun ketiganya.

Skema pendaftaran hadir dalam dua tahap, dimulai dari tahap pemilihan dokumen. Pada tahap pertama ini, pendaftar harus menyerahkan berbagai dokumen, beberapa di antaranya adalah esai, skor tes kemampuan bahasa Inggris, dan transkrip akademik. Selanjutnya mereka harus mengikuti survei Kebhinekaan secara online yang disediakan oleh IISMA sebelum pengumuman seleksi tahap pertama. Kemudian, yang lolos ke tahap selanjutnya akan melalui sesi wawancara yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman final.

Dari 10 awardee beasiswa, 6 diantaranya merupakan mahasiswa program studi Manajemen dan 4 penerima lainnya berasal dari program studi Kewirausahaan. Para mahasiswa ini akan memulai perjalanan baru mereka pada paruh kedua tahun 2023, dan saat ini sedang menjalani IISMA Pre-Departure Series (IISMA-PS) untuk mempersiapkan perjalanan mereka yang akan datang di luar negeri dalam hal budaya, akademik, finansial, dan banyak lagi.

Daftar penerima beasiswa IISMA dari SBM ITB dapat dilihat di bawah ini.

Manajemen:

  1. Angelia Diandra Andi (Lancaster University, United Kingdom)
  2. Danny Lewi Najogi (Boston University, United States)
  3. Evannia Immanuel Louis (The University of Pennsylvania, United States)
  4. Gabriela Delicia Vala Pardede (Korea University, South Korea)
  5. Puteri Tricahya Utami (Nanyang Technological University, Singapore)
  6. Syaumi Indah Syafitri (Nanyang Technological University, Singapore)

Kewirausahaan:

  1. Aditya Putera Pamungkas (Hanyang University, South Korea)
  2. Amanda Eleanora Rotua Angeline Sinaga (The University of Western Australia, Australia)
  3. Deby Abilya Linardo (Lancaster University, United Kingdom)
  4. Qiraina Febe Hotmida (University of Pisa, Italy)

Bagi para awardee, diterimanya mereka dalam program IISMA 2023 ini merupakan momen yang sangat membahagiakan. Salah satunya adalah bagi Gabriela Delicia Vala Pardede, awardee IISMA 2023 ke Korea University. Gabriela berkata kalau sejak dulu, cita-citanya memang adalah untuk berkuliah di luar negeri, terutama di Korea University karena ketertarikannya dengan budaya Korea Selatan sejak sekolah dasar. Gabriela pun menyampaikan keinginannya untuk mendaftar beasiswa ke kampus tersebut untuk S2 nanti.

“Seneng banget dong, nggak nyangka yang awalnya niat daftar beasiswa [ke Korea University] pas S2, malah dikabulin lebih cepet lewat IISMA tahun ini,” ujar Gabriela.

Deby Abilya Linardo,  awardee IISMA 2023 ke Lancaster University, pun bercerita, “Kaget, tapi juga seneng dan bersyukur banget bisa keterima di universitas pilihan aku. Dari semua pilihan universitas yang aku liat, paling cocok emang sama Lancaster University, mulai dari unit-unit kegiatannya sampai kotanya pun pas banget sama aku. Nggak sabar untuk explore hal-hal baru di sana, belajar, dan juga tumbuh as an individual.”

Kontributor: Puteri Tricahya Utami, Manajemen 2024