Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Singapore Management University (SMU) mengembangkan program kolaborasi di bidang Human Resource untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengelola sumber daya insani. Program ini dimulai bulan Februari 2023 dengan kunjungan mahasiswa SBM ITB ke SMU. Selanjutnya, sebanyak 18 mahasiswa Singapore Management University (SMU) berganti melakukan kunjungan ke Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB pada Senin, 8 Mei 2023.

Kegiatan ini diawali dengan tur kampus. Acara dilanjutkan dengan pembukaan program dan sesi perkuliahan oleh Kepala Bagian Hubungan Internasional (IRO) di Biro Kemitraan ITB, Andika Putra Pratama, Ph.D., serta dosen SBM ITB, Dr.N. Nurlaela Arief.

Andika memberikan sesi perkuliahan mengenai Intercultural Management yang diawali dengan pengenalan kebudayaan Indonesia. Andika memberikan pemahaman mengenai pengelolaan keragaman budaya dalam konteks pengelolaan sumber daya insani.

Menurut Andika Putra Pratama, Kepala Bagian Hubungan Internasional (IRO) di Biro Kemitraan ITB, dalam kolaborasi ini mahasiswa akan mengerjakan proyek perusahaan yang terpilih sebagai klien. “Mahasiswa akan memberikan suggestion bagi klien mengenai permasalahan human resource management  yang sedang dihadapi terutama soal young talent management,” kata Andika pada Senin (8/05).

Rangkaian kegiatan lainnya yang akan mahasiswa ikuti selama di Bandung adalah kunjungan ke perusahaan, mengerjakan proyek bersama klien, dan presentasi proyek. Kegiatan ini akan ditutup dengan tur budaya dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bandung.

“Saya berharap ini dapat menjadi motivasi, wadah kerja sama berbeda budaya, dan kegiatan penyegaran untuk mahasiswa karena ini merupakan kolaborasi yang baik antara institusi dengan SMU”, kata Andika

Program yang dikelola oleh Kantor Hubungan Internasional (IRO) ITB telah diintegrasikan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat SBM ITB untuk tahun 2023, yang diketuai oleh  Andika Putra Pratama, N. Nurlaela Arief, Aurik Gustomo, Ahmad Fajar, dan Umi Zuraida. Peserta dan tim memberikan rekomendasi kepada klien mereka, yaitu PT Kazee dan CDP, klien terpilih.

Salah satu peserta SMU-X, Jerraine Lin Shuxiang, berharap dapat memahami lebih lanjut tentang Intercultural Management dan menjalin relasi dengan mahasiswa di Indonesia melalui program ini.

Sesi perkuliahan mengenai Intercultural Management yang diawali dengan pengenalan kebudayaan Indonesia
Kontributor: Eli Sulistyowati, Manajemen 2024