Kepengurusan Keluarga Mahasiswa Manajemen (KMM) ITB periode 2023/2024 telah resmi dilantik melalui musyawarah besar di Auditorium Nemangkawi Labtek XIX SBM ITB pada Sabtu (17/6). Ketua DPA KMM ITB 2022/2023 Rheza Mahesa Raharjo menyaksikan pelantikan kepimpinan KMM ITB teranyar yang terdiri dari Naufal Makarim sebagai Ketua Himpunan, Ammar Muhammad Irfansyah sebagai Senator, dan Bashravie Thamrin sebagai Ketua DPA. 

Pelantikan ini turut disaksikan oleh Ketua Program Studi Sarjana Manajemen SBM ITB Ahmad Fajar Hendarman, Ketua Himpunan KMM ITB 2022/2023 Fauzan Khalil Ramadhan, Senator KMM ITB 2022/2023 Muhammad Irfan Zidni, dan President of Progressio Consulting Group 2022/2023 Farrel Nabil Sateriano. 

Ketua Program Studi Sarjana Manajemen SBM ITB Ahmad Fajar Hendarman dalam sambutannya mengatakan perlunya berkolaborasi antar lembaga himpunan tersebut dan program studi. Hal ini penting untuk melahirkan inovasi-inovasi baru yang dapat berguna dalam berkemahasiswaan yang dapat menunjang proses pembelajaran di SBM ITB.

“Saya juga berpengalaman dalam berorganisasi di masa kuliah dan saya rasa organisasi seperti ini merupakan salah satu sarana untuk belajar mengenai cara bertanggung jawab, adaptif, dan dapat mengelola sesuatu dengan baik,” ujar Fajar.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan surat keputusan mengenai pelantikan dan dilanjutkan dengan upacara pengangkatan sumpah jabatan oleh masing-masing pejabat baru. Pelantikan berlangsung dengan khidmat seiring sumpah jabatan dibacakan.

Ketua Himpunan dan Senator KMM ITB merupakan pejabat yang dipilih melalui Pemilu KMM ITB yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Naufal Makarim berhasil meraih 403 suara, mengungguli pesaingnya, Widhiyaffa Akbariza, yang hanya mampu memperoleh 163 suara. 

Sementara untuk senator, Ammar Muhammad Irfansyah, berhasil meraih 504 suara, dan 62 suara yang diberikan kepada kotak kosong. Sedangkan Ketua DPA terpilih melalui mekanisme internal DPA KMM ITB.

Ketua Himpunan KMM ITB Naufal Makarim mengatakan akan membangun transformasi bagi KMM ITB kedepannya. Ia juga menekankan akan berkolaborasi dengan DPA, Kesenatoran, dan Badan Semi Otonom (BSO) sebagai bentuk koordinasi demi kemajuan KMM ITB kedepan.

Ketua DPA KMM ITB Bashravie Thamrin turut menambahkan bahwa kedepan, DPA akan berusaha untuk memenuhi aspek kebutuhan mahasiswa SBM ITB, yaitu kebutuhan dasar, keilmuan, dan keprofesian. Hal ini dirasa penting untuk dikembangkan di segala lini agar menciptakan mahasiswa yang siap dalam menghadapi dunia kerja kedepan berdasarkan pengalaman organisasi.

Kontributor: Bashravie Thamrin, Manajemen 2024