Lapisan-lapisan dalam teori ekonomi perlu dikupas untuk mendorong diskusi terkait realita ekonomi dan kapitalisme yang berkembang di masyarakat. Untuk itulah Perkumpulan Studi Ilmu Kemasyarakatan (PSIK) berkolaborasi dengan Keluarga Mahasiswa Manajemen (KMM) dan Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan (IMK Artha) SBM ITB serta Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal (KSEP) ITB menggelar diskusi publik berjudul “Utopia Kapitalisme: Bisa Kayakah Semua orang?”.

Kajian terbuka ini, yang merupakan inisiatif diskusi inklusif, melibatkan mahasiswa dan non-mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Diselenggarakan di Sunken Court W-09, Bandung, pada 30 Juli 2023, acara ini menarik mahasiswa dari berbagai bidang dan unit kegiatan mahasiswa.

Kegiatan seperti ini menegaskan pentingnya dialog lintas disiplin ilmu, yang mendorong kemampuan analitis dan berpikir kritis di kalangan mahasiswa. Inisiatif ini sendiri bertujuan untuk menciptakan platform inklusif di mana perspektif dari berbagai bidang studi saling berpadu, menghasilkan percakapan bermakna yang selaras dengan problematika sosial yang terjadi.

“Topik ini diangkat karena teorinya suka tidak suka telah banyak diterapkan termasuk di Indonesia. Setiap teori menyimpan sebuah sisi yang tak tergapai. Sisi itu yang ingin digali dalam pemaksimalan penerapan ekonomi dalam masyarakat,” kata Presiden PSIK 2023 Reno Suwono saat menjelaskan tema diskusi tentang “Utopia Kapitalisme”.

Reno adalah mahasiswa Teknik Pertambangan ITB. Esensi dari kegiatan ini menurut Reno bukanlah untuk membentuk pandangan yang seragam, melainkan memupuk lingkungan di mana beragam perspektif bisa berkembang dan saling mengenal.

Diskusi ini dirancang untuk memicu pemikiran kritis, memberdayakan peserta untuk merumuskan kesimpulan yang terbentuk melalui perpaduan pandangan yang beragam.

Tema “Utopia Kapitalisme” sejalan dengan kurikulum SBM ITB, yang mencerminkan kontribusi penting dari mahasiswa SBM ITB untuk memperkaya dialog akademik dan pemahaman masyarakat. Partisipasi mahasiswa SBM ITB berperan menggabungkan wawasan teoritis dan perspektif pragmatis ekonomi dan bisnis untuk memperkaya bahasan diskusi.

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024