Himpunan Keluarga Mahasiswa SBM ITB mengadakan arak-arakan wisudawan periode Oktober 2023 dengan berkeliling Jalan Ganesa, Bandung, pada Minggu (29/10). Arak-arakan ini merupakan sebuah tradisi mengelilingi ITB dan kembali ke SBM, sebagai bentuk apresiasi pencapaian wisudawan selama menempuh ilmu di SBM ITB.

Arak-arakan dimulai dari Saraga (Sarana Olahraga Ganesha), orasi di tunnel, dan diakhiri dengan penampilan di gedung SBM ITB. Di Saraga, wisudawan disambut oleh massa himpunan. Dengan tawa dan penuh selebrasi, para wisudawan berkumpul dan berjalan menuju tunnel mengenakan jas dan kebaya dengan topi dan toga. Dengan tema “The Journey of a Thousand Steps,” para wisudawan didorong untuk kembali mengingat segala perjuangan dan usaha bisa lulus dan menjadi calon pemimpin di masa depan.

“Saya berharap tema ini menjadi pengingat perjuangan wisudawan agar mereka tidak lupa mengapresiasi diri mereka sendiri. Pastinya banyak hal yang sudah mereka lalui untuk wisuda. Bagaikan menginjak langkah baru saya mendoakan kesuksesan mereka sebagai pemimpin masa depan,” ucap Hansen Marciano, ketua Wisuda Oktober SBM ITB 2023.

Banyak kenangan yang telah dilewati oleh wisudawan Oktober 2023. Mulai dari menghadiri kuliah daring saat pandemi, membuat bisnis bersama, hingga melanjutkan skripsi dan akhirnya lulus. Semua pengalaman dan pembelajaran tersebut telah membentuk mereka untuk menjadi calon pemimpin inovatif dan berjiwa wirausaha.

“Saya selalu meyakini kalian bisa mendulang kesuksesan dari peluh dan keringat sendiri. Saya bersedih dan selalu merasa kehilangan (karena kalian telah lulus). Namun saya selalu berharap agar kalian cepat sukses dan berilah bangsa ini pemimpin, dari kalian para sahabat kewirausahaan yang tercinta ini,” ucap Zakaria Khori Hermawan, Ketua Himpunan IMK “Artha” ITB 2023/2024 melalui orasinya di tunnel.

Prosesi arak-arakan berlanjut melalui perjalanan wisudawan diiringi oleh massa himpunan. Properti besar berwujud naga dan uang, serta bendera himpunan mahasiswa jurusan dikibarkan. Kepercayaan diri dan rasa senang disuarakan melalui nyanyian yel-yel selama perjalanan menuju Gedung SBM.

Diakhiri dengan performance, wisudawan menonton sebuah kisah drama musikal yang diperankan oleh angkatan SBM’ 25 dan SBM’ 26 mengenai kisah pertikaian dua kerajaan Tionghoa. Cerita ini bersambung ke rangkaian acara selanjutnya, yaitu Wisuda Night SBM ITB 2023. Semoga kesuksesan selalu mengiringi mereka dalam perjalanan karir mereka ke depan. Semoga mereka menjadi pemimpin yang inovatif dan berjiwa wirausaha untuk kemajuan bisnis, pemerintah, dan masyarakat.

Kontributor: Hansen Marciano, Manajemen 2025