Di era kemajuan teknologi dan preferensi konsumen yang terus berubah, bank digital adalah sebuah keharusan untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen. Lanskap keuangan kontemporer telah mengalami transformasi yang luar biasa. Platform bank digital secara strategis mulai menyelaraskan diri dengan perubahan kebutuhan dan harapan nasabah. Evolusi ini mencerminkan komitmen seluruh industri untuk tidak hanya merangkul digitalisasi, tetapi juga untuk memahami secara mendalam perilaku dan preferensi konsumen yang melek teknologi saat ini.

Mahasiswa SBM ITB mendalami inti perubahan perilaku konsumen di bank digital itu saat mengunjungi kantor blu by BCA Digital pada 27 November 2023 di Gedung The City Tower, Menteng, Jakarta Pusat. Kunjungan ini memberikan wawasan mendalam mengenai lanskap digital yang membentuk industri perbankan.

Sejumlah perwakilan manajemen blu menyambut para mahasiswa. Tiurma Selvya Malau, Head of Customer Experience Development PT Bank Digital BCA (blu by BCA Digital), membahas bahwa hampir 80% individu berusia di bawah 40 tahun telah menggunakan BCA Digital. Angka ini menyoroti perubahan paradigma di BCA, yang secara tradisional dianggap melayani sebagian besar individu berusia di atas 40 tahun. Tiurma menggarisbawahi pentingnya beradaptasi dengan dunia digital yang terus berkembang dengan tetap mempertahankan sentuhan kemanusiaan. 

“Memahami perilaku konsumen tidak hanya sekedar menerima digitalisasi tetapi juga mendorong pendekatan yang manusiawi,” Ujar Tiurma. Ia menekankan pentingnya acara, kolaborasi, survei, push-notification, dan keterlibatan konsumen langsung untuk memahami keinginan pelanggan secara efektif.

Sementara itu, Andreanus Setiawan, Senior AVP Growth & Acquisition PT Bank Digital BCA (blu by BCA Digital), menyoroti dinamika perubahan era digital di industri perbankan. Transisi cepat menuju masyarakat non tunai, memaksa perbankan mendefinisikan ulang transfer digital yang efisien, membuat konsep inovatif dalam menggabungkan banyak tabungan ke dalam satu rekening. Semuanya itu hanya memenuhi kebutuhan dinamis konsumen modern. 

Andreanus juga menekankan pentingnya call center, kehadiran media sosial, dan peningkatan pendukung nasabah dalam ekosistem bank digital. Kunjungan SBM ITB ke kantor blu by BCA Digital ini memberikan wawasan menarik mengenai perpaduan inovasi digital yang berpusat pada pelanggan, yang mencerminkan lanskap perbankan modern yang terus berkembang.

Kontributor: Nabilla Rizky, MBA YP68C