Sebanyak 50 UMKM terlibat dalam aneka kegiatan di proyek kuliah Organizational Behavior and Managing People (OBMP) SBM ITB, Selasa (5/12). Mereka di antaranya mengikuti sertifikasi halal produk yang didampingi oleh Kimia Farma, bisnis konvensional LINK oleh Perry Floating Market, digitalisasi marketplace oleh Tokopedia, hingga sharing successful story bersama Iketan.

Proyek mata kuliah tersebut terselenggara berkat kerjasama Incubaze, PT Len Industri, dan SBM ITB. Proyek mata kuliah ini bertujuan untuk membina UMKM di Bandung. Kegiatan ini berlangsung sepanjang hari, mulai pukul 07.45 hingga 16.30 WIB melibatkan 50 UMKM yang diberdayakan oleh Incubaze dan PT Len Industri. Sementara MBA ITB menggelar diskusi dua arah dengan para UMKM dan sesi coaching untuk merumuskan strategi dan pemasaran usaha mereka.

Menurut Nikolas Fiansa Buddhisuharto, selaku ketua pelaksana, kegiatan ini selain sebagai syarat pemenuhan nilai ujian akhir mata kuliah OBMP, juga menjadi wujud konkret dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat. Melibatkan mahasiswa MBA ITB, proyek ini bertujuan memberikan kontribusi nyata pada pengembangan UMKM, terutama dalam aspek digital marketing dan branding.

Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh SBM ITB dan pihak yang terlibat langsung, tetapi juga oleh UMKM yang mendapat manfaat dari sertifikasi, pelatihan, dan bimbingan. Proyek ini menjadi bentuk nyata dari penerapan ilmu yang didapat di perkuliahan, terutama terkait manajemen konflik, kepemimpinan, dan kerjasama tim. Tim Incubaze memastikan bahwa program ini dapat berkelanjutan di masa depan, tergantung pada kerjasama dan kebutuhan masyarakat.

Proyek ini membuktikan bahwa pengalaman langsung dalam mengelola konflik, memimpin, dan berkolaborasi dalam tim memberikan pemahaman mendalam yang sulit diperoleh hanya dari pembelajaran teoretis. Proyek ini berhasil menciptakan dampak positif yang nyata dalam pengembangan UMKM di Bandung sambil memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa MBA ITB.

Kontributor: Batari Citra, MBA ENTRE 2023