Divisi Community Activation Services Keluarga Mahasiswa Manajamen Institut Teknologi Bandung baru saja menyelenggarakan acara Jalan-Jalan Bareng KMM pada Sabtu, 23 Maret 2024. Acara ini mengajak anak-anak dari Our Home untuk pergi jalan-jalan ke Museum Gedung Sate, Bandung, dan berbuka puasa bersama.

“Kesannya capek tapi seru, sih, bisa belajar banyak hal kaya komunikasi. Sama bisa bener-bener ngelatih creativity, since itu banyak yang harus di adjust tergantung kondisi dan lain-lain. Akhirnya karena semua adjustments itu, jadi bisa ngeliat hasil yang pas and respond yang cukup menyenangkan lah dari acaranya di hari-H,” tutur Bagas Abimanyu Bonaventura, selaku ketua pelaksana Jalan-Jalan Bareng KMM.

Our Home adalah yayasan yang merangkul anak-anak kurang beruntung yang tidak memiliki kesempatan untuk sekolah. Our Home mengadakan kegiatan tiap hari Sabtu di basecamp mereka, seperti belajar dan bermain. 

KMM ITB bertemu dengan adik-adik Our Home Cikapundung di Museum Gedung Sate. Ada sekitar 20 anak yang datang dan mereka sangat excited untuk melihat-lihat sejarah Gedung Sate. Puasa tidak menjadi halangan bagi mereka untuk semangat belajar dan bermain.

Setelah puas mengelilingi Museum Gedung Sate, KMM bergegas ke basecamp Our Home Cikapundung untuk bermain games yang sudah disiapkan panitia, yaitu pesan berantai dan melukis layang-layang. Acara ini diakhiri dengan buka puasa bersama dan penyerahan hasil donasi yang sudah dikumpulkan. Pengalaman ini sangat berkesan bagi mahasiswa yang ikut. 

“Menurut aku acara kemaren itu sangat informatif dan jadi nambah wawasan baru juga buat aku. Karena aku jadi tau tentang sejarah kota Bandung dan juga awal mula Gedung Sate itu didiriin. Selain itu, jalan-jalan bareng banyak bocil-bocil itu juga semakin nambah keseruan aktivitas kemaren. Karena emang yang dasarnya aku tuh juga lumayan suka main sama anak-anak dan pas banget kemaren dikasih wadah untuk bisa berbaur dan juga main-main sama anak-anak seharian. Hahaha,” kata Fikri Arlizal, salah satu mahasiswa Manajemen SBM ITB yang mengikuti acara ini. “Dan yang terakhir, ngabuburit bareng bocil-bocil itu juga bikin waktu puasa ga berasa, karena emang bener-bener seseru itu. Jadi puasa tuh rasanya kayak ga berasa, hahaha. Lebay dikit. Jadi, ya, intinya seru banget, banget, banget, banget, deh!”.

Kontributor: Angeline Halim, Manajemen 2024