Himpunan Keluarga Mahasiswa SBM ITB kembali berpartisipasi dalam arak-arakan wisudawan periode April 2024 dengan berkeliling di Kampus ITB, Bandung, pada Minggu (28/4). Arak-arakan merupakan tradisi yang ditujukan untuk mengapresiasi pencapaian wisudawan selama berkuliah di SBM ITB. Biasanya tradisi ini dilakukan dengan mengelilingi Kampus ITB dan kembali ke gedung SBM ITB.

Sama seperti biasanya, arak-arakan dimulai dari Sarana Olahraga Ganesha (Saraga), dilanjutkan dengan orasi di tunnel. Setelah itu, wisudawan diarak dari Sunken Court menuju ke gedung SBM ITB. Sesampainya di gedung warna-warni khas SBM ITB, wisudawan dengan penuh sukacita berkumpul dan berfoto dengan jas atau kebaya dengan topi dan toga yang sudah dikenakan. 

Perayaan Wisuda April SBM ITB kali ini mengungsung tema “Bandung Carnival”. Para wisudawan diajak untuk mengingat kenangan mereka selama berkuliah di Kota Bandung, tempat di mana mereka mengemban ilmu serta bertumbuh dan berkembang menjadi calon-calon pemimpin di masa depan.

“Harapannya semua wisudawan yang ikut diarak kemarin bisa merasakan euforia yang mereka bayangkan. Semoga mereka semua merasakan apresiasi yang mereka harapkan dan semoga apa yang sudah dipersiapkan dan dipersembahkan untuk para wisudawan, bisa menyenangkan hati setiap wisudawan yang ada,” harap Zahran Abyan Muzhaffar, Ketua Wisuda April SBM ITB 2024

Untuk memeriahkan dan membangun suasana yang dinginkan, Panitia Wisuda April SBM ITB 2024 sudah menyiapkan maskot yang mewakili tema yang diangkat. Selain itu, kostum yang dipakai oleh panitia performance pun mendukung susana yang diharapkan. Dengan adanya maskot dan kostum tersebut, suasana arak-arakan menjadi sangat hidup dan ramai.

Selama prosesi arak-arakan dari Sunken Court menuju gedung SBM ITB, perjalanan wisudawan diiringi oleh massa, dentungan perkusi, nyanyian meriah, dan properti yang turut membangun susana. Tak hanya itu, bendera himpunan mahasiswa juga dikibarkan selama prosesi berlangsung. Dengan tawa dan penuh kepercayaan diri para wisudawan pun turut serta menyenandungkan yel-yel khas Keluarga Mahasiswa SBM ITB. 

Selebrasi Wisuda April SBM ITB 2024 tentu saja tidak berakhir di situ. Cerita ini bersambung ke rangkaian acara selanjutnya, yakni Syukuran Wisuda April 2024 dan Wisuda Night April SBM ITB 2024. Semoga dalam menjalani karir mereka selalu diiringi oleh kesuksesan dan semoga mereka menjadi pemimpin-pemimpin dengan jiwa wirausaha untuk kemajuan bisnis, pemerintah, dan tentunya untuk masyarakat.

Kontributor: James Anders, Manajemen 2024