Kelompok keilmuan Strategi Bisnis dan Pemasaran didirikan pada 2004 setelah kampus berdiri. Kelompok ini memiliki tiga klaster, yaitu Strategi Bisnis, Pemasaran, dan Bisnis Internasional.

A. Klaster Penelitian

Klaster Strategi Bisnis
Klaster Strategi Bisnis berupaya memberikan pemahaman yang mendalam mengenai perumusan dan implementasi strategi bisnis, baik dalam konteks lokal maupun internasional. Klaster ini menangani isu-isu bisnis yang menjadi perhatian utama manajemen puncak perusahaan seperti keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, kemampuan dinamis, strategi kompetitif dan kooperatif, sumber daya organisasi, dan kunci keberhasilan untuk memenangkan persaingan. Analisis yang dilakukan sangat bervariasi dimana dapat dilihat dari perspektif individu dalam suatu organisasi atau dari perspektif organisasi sebagai entitas kolektif yang bergerak dalam sistem hubungan yang lebih luas.

Klaster Pemasaran
Klaster Pemasaran bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perilaku pelanggan dan implikasinya terhadap strategi pemasaran. Bidang-bidang penelitian dalam klaster ini mencakup perilaku pelanggan dan pembelanja, branding, pemasaran neuro, strategi pemasaran, pemasaran jasa, dan pengalaman pelanggan. Selain itu, klaster ini berfokus pada identifikasi peluang pasar yang menarik, ancaman pasar, serta prediksi tren masa depan di area bisnis yang diminati. Konteks penelitian ini mencakup setting Bisnis-ke-Konsumen dan Bisnis-ke-Bisnis.

Klaster Bisnis Internasional
Klaster Bisnis Internasional merespons keprihatinan perusahaan internasional, transnasional, multinasional, dan global. Anggota-anggotanya terlibat secara aktif dalam analisis bisnis internasional. Klaster ini bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai persaingan global, pasar negara berkembang, strategi penetrasi pasar asing, investasi asing langsung, kerja sama lintas batas, dan sebagainya. Klaster ini juga tertarik pada isu-isu kerjasama internasional seperti perusahaan patungan (joint venture), aliansi strategis, dan transfer teknologi.

B. Topik-topik Penelitian

Strategi Bisnis

  • Manajemen Strategis 
  • Transformasi Bisnis Digital 
  • Platform Ekosistem Bisnis Digital Inklusif 
  • Riset Kebijakan Pemerintah untuk Produksi dan Perdagangan Bisnis Inklusif
  • Manajemen Investasi 
  • Pengukuran Kesiapan Digital 
  • Strategi Bisnis Koperasi serta Usaha Kecil dan Menegah 
  • Manajemen Olahraga dan Hiburan

Pemasaran

  • Konsumsi Kolaboratif, Kokreasi, dan Personalisasi 
  • Akulturasi Budaya Konsumen Global 
  • Budaya Populer, Pemasaran, dan Cerita Konsumen 
  • Pengalaman Digital Konsumen 
  • Retail Digital dan Omnichannel 
  • Pemasaran Digital dan Media Sosial 
  • Hubungan Masyarakat Digital 
  • Strategi Branding 
  • Kokreasi dan Co-Recovery Merek 
  • Pemasaran Jasa 
  • Co-Recovery Jasa
  • Pemasaran Seluler
  • Pemasaran Neuro di bidang Makanan dan Minuman, Pariwisata, dan Permainan 
  • Membangkitkan Emosi 
  • Bisnis dan Konsumsi Berkelanjutan 
  • Jalur Perdagangan Antar Pulau di Indonesia
  • Desain Komunikasi Visual 
  • Perencanaan Promosi dan Media 
  • Manajemen Desain Kemasan 
  • Manajemen Servicescape 
  • Pemasaran Halal
  • Adopsi dan Komersialisasi Teknologi
  • Pemasaran Bisnis-ke-Bisnis 
  • Perilaku Konsumen dan Komunitas Daring 
  • Pemodelan Pilihan 
  • Perilaku Perjalanan 
  • Perencanaan Transportasi
  • Layanan yang Didukung Teknologi (misalnya robot layanan, chatbot, alat yang dapat dikenakan/wearable device, teknologi keuangan)
  • Manajemen Merek Mewah 
  • Wisata Hala

Bisnis Internasional

  • Bisnis dan Perdagangan Internasional 
  • Rumah Dagang untuk Produk Pertanian Berdasar Identitas Geografis 
  • Pemasaran Fesyen Global

Peta Jalan Penelitian

 

Anggota

Kepala: Dr. Mustika Sufiati Purwanegara