Startup dapat memiliki modal tidak hanya dengan pendanaan eksternal. Ada cara lain untuk memiliki modal, contohnya dengan uang CEO sendiri.

“Anda tidak selalu membutuhkan pendanaan”, tutur Darren Christopher, Vice President of Eden Farm pada The Greater Hub Incubation Program Batch X x Fridaypreneurship.

Eden Farm merupakan salah satu startup agri-tech dengan pertumbuhan tercepat yang telah memasok semua jenis bahan makanan untuk bisnis kuliner di kota-kota besar dan bekerja dengan produsen lokal di seluruh Indonesia. Daren lulus pada usia 19 tahun dari Studied Finance di Kelley School of Business USA dan seorang manajer investasi di EverHaus Capital.

Namun, bagi pendiri startup yang membutuhkan pendanaan dari pihak eksternal, Darren telah merangkum tiga jenis pendanaan yang bisa dimiliki oleh startup: pure equity, convertible bond, dan venture debt.

Dalam prosesnya, ada beberapa hal yang diberikan Darren sebagai tips untuk mempersiapkan ronde ekuitas. Di antaranya, stock preferences, pre-money valuation, post-money valuation, right of first refusal, co-sale provision/tag along rights, likuidasi, employee stock option plan (ESOP), dan put option. Angka-angka ini nantinya akan menjadi kalkulasi jumlah keluar dan pengembalian investasi. Dari perspektif EverHaus, hingga batas konversi $ 12.000.000, investor akan tetap seperti yang diinginkan dan menggunakan preferensi likuidasi mereka. Ini adalah ilusi perlindungan sisi bawah bagi investor, yang merupakan alasan preferensi likuidasi ada.

Berbeda dengan equity round, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum convertible debt yaitu suku bunga, maturity rate, qualitas financing & discount, serta valuation cap. Darren juga menambahkan, hutang dapat berubah menjadi ekuitas ketika jatuh tempo dalam biasanya 24 bulan (dengan bunga), diskon pembiayaan yang memenuhi syarat yang lebih rendah (ambang investasi diperlukan untuk memicu Konversi Otomatis dari wesel konversi menjadi ekuitas), atau kapitalisasi penilaian yang lebih rendah (harga maksimum yang sekuritas konversi akan diubah menjadi ekuitas).

Terakhir, untuk hutang ventura, Darren juga telah menyerahkan daftar yang harus disiapkan sebelumnya, yaitu: jumlah fasilitas, ketersediaan, periode amortisasi, suku bunga, pembayaran balon, denda pembayaran di muka, jaminan perlindungan, hak untuk berinvestasi, jaminan, dan perubahan material yang merugikan.

Kontributor : (Tjia Alphani, Entrepreneurship 2022)