Berbeda dengan inkubator dan akselerator pada umumnya, Y Combinator berfokus kepada pengembangan produk bisnis para pesertanya. Oleh karena itu, Terry Djony, CEO dan Founder dari Chatbiz.id, juga salah satu tenant The Greater Hub yang baru saja diterima di Y Combinator 2021 ini menyarankan para pendiri startup yang tertarik untuk masuk ke Y Combinator untuk fokus pada pengembangan bisnis agar mendapat metrics yang semakin bagus, daripada terdistraksi dengan persiapan interview atau pitch.

Y Combinator merupakan sebuah akselerator dan inkubator untuk startup yang berpusat di Amerika. Setelah mengalami mentoring di Y Combinator, Terry menyarankan agar startup baru selalu fokus pada validasi masalah terlebih dahulu. Dirinya meyakini bahwa inilah alasan terbesar untuk sebuah startup menjadi sukses.

 

“Kebanyakan startup yang sukses adalah startup yang mencoba menyelesaikan masalah yang dialami langsung oleh para pendirinya,” kata Terry.

Setelah mendapat validasi yang cukup pada masalah, Terry menyarankan untuk startup dapat fokus di penyelesaian masalah secepat dan seefektif mungkin. Terry menyarankan untuk para startup mengikuti inkubator, karena sesuai dengan pengalamannya, inkubator lokal seperti Greaterhub dapat membantu para startup founder berjejaring dan mendapat akses ke ekosistem mentor yang bagus.

Bermentorkan Darren Christopher di Greater Hub, pada pertengahan 2020 Terry dan tim memutuskan untuk mengajukan Chatbiz.id, sebuah platform yang bekerja sama dengan Whatsapp untuk memudahkan bisnis menjalankan bisnisnya melalui Whatsapp dan dibantu dengan chatbot asisten virtual, ke Y Combinator. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan funding sesuai dengan yang dijanjikan Y Combinator pada laman resminya. Selain itu, ekosistem yang sudah matang untuk startup founder, office hour 1-1 mentoring, batch event, dan group event sebelum “demo day” di depan para investor global pada bulan ketiga. Perjalanan ini ditekuni Terry dan tim mulai dari menjawab pertanyaan di tautan resmi Y Combinator hingga interview dengan pihak Y Combinator mengenai Chatbiz.id yang kini sudah tersedia di Southeast Asia, khususnya Indonesia, dengan klien internasional, lokal, dan nasional.

Sebelum masuk ke Y Combinator pada Januari hingga Maret 2021, Chatbiz.id masuk The Greater Hub pada tahun 2019. Ketertarikan Terry dengan Greater Hub ini bermula dari post Instagram yang muncul di timeline Terry secara tidak sengaja. Sebagai mahasiswa Fisika Teknik ITB yang notabene jauh dari SBM, Terry mencari informasi lebih lanjut dengan konsultasi bersama Pak Iwan di gedung SBM sebelum akhirnya memutuskan untuk mendaftar dan diterima di Greaterhub.  Perjalanan inilah yang memulai proses diterimanya Chatbiz.id di Y Combinator.

Kontributor : Tjia Alphani, Entrepreneurship 2022