Seiring dengan semakin berkembangnya ekosistem startup di Indonesia, semakin banyak startup-startup baru yang muncul dengan berbagai macam inovasi. Dengan adanya inovasi tersebut, serta bisnis model yang unik, menjadikan bisnis startup berbeda dengan perusahaan konvensional lainnya.

Pinhome merupakan salah satu startup yang memiliki model bisnis yang inovatif. Pinhome adalah pioner dalam platform jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi. Sehingga, melalui Pinhome transaksi jual,beli, dan sewa properti menjadi lebih mudah dan transparan dengan memanfaatkan teknologi. “Kami ingin property lebih mudah diakses demi kehidupan yang lebih baik,” ungkap Dayu Dara Permata, CEO dan founder Pinhome (11/6/2021).

Dayu Dara Permata memaparkan bagaimana membangun startup dengan bisnis model yang inovatif untuk inovasi yang berkelanjutan dalam seminar daring yang diadakan  lembaga inkubator bisnis SBM ITB, The Greater Hub, yang bertajuk “Sustainable innovation and growth strategy”. Melalui webinar tersebut, Dayu memaparkan bagaimana perjalanannya dalam membangun bisnis startup dan strategi yang ia gunakan supaya startup tersebut tetap memiliki inovasi yang berkelanjutan.

“Awalnya dari garasi rumah yang kami jadikan sebagai kantor,” ucap Dayu ketika menceritakan awal mula ia mendirikan Pinhome. Dayu yang sebelumnya pernah bekerja di perusahan telco dan consultant tersebut memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan memulai membangun bisnis dari garasi rumah dengan awalnya hanya memiliki 5 karyawan.

Meskipun berawal dari garasi rumah, Pinhome yang didirikan oleh Dayu sekarang memiliki perkembangan yang sangat pesat. “Setelah 16 bulan mencoba membangun startup, kami sekarang memiliki lebih dari 300 tim, lebih dari 7.500 agen properti, dan lebih dari 350.000 properti yang dikelola,” ungkap Dayu yang juga merupakan lulusan ITB tersebut.

Dayu menekankan, kunci dari kesuksesan adalah adanya inovasi yang berkelanjutan dimana inovasi dapat dilakukan dari model bisnis, produk, dan internal sistem. Ia menambahkan, bisnis model yang inovatif menjadi poin penting dalam mendukung inovasi yang berkelanjutan bagi bisnis startup. “Bisnis model yang inovatif adalah kunci dari inovasi yang berkelanjutan. Bisnis model adalah sebuah model yang merepresentasikan bagaimana sebuah bisnis menciptakan dan menyampaikan value kepada konsumen dan pemangku kepentingan,” kata Dayu.

Dalam paparannya, Dayu juga menampilkan beberapa contoh startup yang memiliki inovasi yang berkelanjutan. Dayu mencontohkan Gojek yang awalnya hanya menawarkan inovasi layanan transportasi dan kemudian berkembang menjadi berbagai layanan seperti inovasi layanan keuangan (gopay) dan inovasi layanan pengantaran makanan (Gofood). Oleh karena itu, Dayu menekankan bahwa inovasi tidak boleh berhenti, harus dilakukan secara terus menerus. “Business model Innovation is timeless,” ucap dia.

Kontibutor: Deo Fernando, Entrepreneurship 2022