Menteri Lingkungan Hidup pertama Indonesia (1983-1993) Prof. Emil Salim mengajak generasi muda berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan. Dengan mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan, Indonesia dapat menyelamatkan generasi mendatang dari krisis iklim, kelaparan, kemiskinan, dan berbagai masalah sosial.

Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) mengacu pada prinsip menjaga kualitas hidup semua manusia di masa sekarang dan masa depan.Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental dan intelektual dengan memanfaatkan sumber daya alam dengan cara yang benar.

“Untuk generasi muda, tolong berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Prof Emil Salim pada kelas Inovasi dan Kewirausahaan Sosial untuk keberlanjutan di MBA Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Pembangunan berkelanjutan tidak hanya berbicara tentang ekonomi, tetapi juga berbicara tentang sumber daya manusia dan sumber daya alam. Ia berpesan kepada mahasiswa MBA SBM-ITB agar tidak membuat proyek yang hanya membawa manfaat bagi perekonomian tetapi bencana bagi lingkungan.

Emil mencontohkan industri batu bara. Batubara membawa nilai positif bagi perekonomian karena menghasilkan energi. Namun, di sisi lain, industri batubara juga menghasilkan polusi yang berbahaya bagi tubuh manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, kita harus memperhitungkan efek negatif yang ditimbulkannya dan menghitungnya sebagai biaya. “Tolong perhatikan tidak hanya ekonomi tapi juga diseconomies,” tegas Emil.

Selain sisi lingkungan yang harus kita perhatikan, Emil juga menyoroti kualitas pendidikan Indonesia dalam mengejar pembangunan berkelanjutan. Emil percaya bahwa DNA Indonesia sama dengan semua orang di seluruh dunia, tetapi mengapa Indonesia masih tertinggal? Menurut Emil, pendidikan memegang peranan penting. Salah satu masalah Indonesia saat ini adalah masih rendahnya sistem pendidikan. Akibatnya, kita masih tertinggal dari negara lain dalam sains, teknologi, dan menulis.

Terakhir, Emil berpesan untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Indonesia perlu memanfaatkan sumber daya alam dengan cara yang benar guna meningkatkan kualitas kehidupan manusia tidak hanya di masa sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Masalah krisis iklim dan pembangunan manusia yang rendah harus ditangani sebelum 2030 sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan oleh PBB. “Tahun 2030 saya mungkin sudah tidak di sini lagi, saya sudah di atas sana untuk memantau Indonesia,” tutup Emil, yang semangatnya masih tinggi, meskipun sudah berumur lebih dari 90 tahun.

 

Kontributor: Deo Fernando, Kewirausahaan 2021