Relasi media memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan dan organisasi. Berdasarkan data dari Forbes, menyebutkan bahwa 33% milenial mengandalkan blog sebelum melakukan pembelian. Inilah sebabnya mengapa sebuah perusahaan perlu memiliki hubungan yang baik dengan media.

“Relasi media adalah seni,” tegas Benny Butarbutar dalam hal bagaimana mengelola hubungan dengan media. Benny yang merupakan Media & Communication Advisor CEO BULOG membahas hubungan media dan peluang bisnis dalam sesi kuliah tamu di kelas Bisnis Internasional SBM-ITB.

Menurut Benny dengan mengutip dari Frank Jefkins, relasi media dapat diartikan sebagai upaya untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimal dari suatu pesan humas untuk menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat. Oleh karena itu, membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan media sangatlah penting.

“Media relations sangat penting karena dapat membuka banyak peluang,” kata Benny yang sebelumnya menjabat sebagai International News Manager ANTARA (Kantor Berita Nasional Indonesia).

Benny menjelaskan, langkah pertama yang dapat dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan relasi media adalah dengan melakukan riset. Menurut Benny, cara terbaik untuk memulai hubungan dengan media adalah dengan hati-hati meneliti media yang relevan. Misalnya, jika bisnis Anda memiliki kehadiran lokal (local context) yang kuat, berkolaborasi dengan stasiun TV dan surat kabar mungkin merupakan strategi yang baik.

“Bicaralah dengan pelanggan Anda dan dapatkan pemahaman tentang media apa yang mereka konsumsi,” tegas Benny.

Kemudian, Benny juga menyarankan agar perusahaan perlu mempelajari bagaimana relasi media dapat membantu keberhasilan perusahaan. Hal ini dikarenakan tujuan akhir dari relasi media adalah untuk mendapatkan liputan media secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sehingga diperlukan sebuah seni untuk mengelola relasi media tersebut. Benny menuturkan, perusahaan perlu menggunakan pesan yang kuat dan jelas dengan menggunakan konsep jurnalistik, memahami operasi media, dan membangun hubungan murni daripada hubungan transaksional dengan perusahaan media. Ia juga menekankan perusahaan untuk menghindari media yang hanya membuat berita sebagai komoditas.

Dalam pemaparannya Benny juga mengatakan bahwa memiliki hubungan media yang baik membawa beberapa manfaat bagi perusahaan seperti, membangun kesadaran merek, meningkatkan kredibilitas, membangun hubungan media, dan mengendalikan krisis. Ia menambahkan, bahwa konsumen tidak hanya loyal pada merek, tetapi juga pada media.

Kontributor: Deo Fernando, Kewirausahaan 2021