The Greater Hub mengadakan sesi webinarnya yang berjudul Get to Know:  Product Development Strategy. Acara ini dihadiri oleh para peserta inkubator The Greater Hub dengan pembicara Adjie Wicaksana, CEO of HaloFina, Senin (21/2/2022). Halo Fina sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi keuangan, yang berfokus pada kekayaan dan manajemen keuangan pribadi. Didesain untuk para milenial di Indonesia, Halofina adalah pionir dalam dunia Penasihat Keuangan Digital.

Adjie memberikan contoh pemakaian Halofina bagi para pengguna di pemaparannya. “Halofina sedang dalam misi untuk membantu pelanggan kami dalam mengelola uang mereka lebih baik,” ujar Adjie dalam pemaparan awalnya mengenai HaloFina yang telah diawasi oleh OJK.

Dalam pemaparannya, Adjie memberikan contoh riil dalam kasus Halofina terkait desain dan pengembangan produk untuk membangun produk yang pas di pasaran dalam dunia digital sekarang. Ia memaparkan, tidak perlu metodologi untuk menciptakan sebuah inovasi: pola berpikir apapun yang kamu gunakan nanti, pelanggan tidak akan mau tahu. Selanjutnya, Adjie juga memaparkan mengenai sebuah metode untuk mendapatkan segalanya, yaitu dengan tidak mengikuti siapapun. Semuanya akan mulai masuk akal jika kita mulai dari kata “mengapa”.

“Proses yang baik melayani Anda sehingga Anda dapat melayani pelanggan. Tapi kalau tidak hati-hati, bisa jadi prosesnya yang menjadi barangnya,” kutip Adjie dari perkataan Jeff Bezos. Menurut Adjie, mengetahui alasan mengapa kita memulai sebuah bisnis sangatlah penting, terkait mengapa, melawan apa. Hal ini dikarenakan pelanggan yang memiliki kemauan yang sangat tinggi, kompetisi yang sepuluh kali lebih banyak, dan teknologi yang berkembang dan berubah dengan begitu cepat. Maka, sebagai seseorang yang memulai sesuatu, Adjie memberikan tips untuk mengkombinasikan hal-hal yang dibutuhkan di dunia oleh manusia.

“Inilah waktunya untuk berpikir seperti seorang desainer,” ujar Adjie. Sama seperti perbedaan Arsitek dan Developer dalam hal membuat dan mengembangkan sebuah rumah dalam bisnis, begitu pula seharusnya pebisnis merintis bisnisnya. Walaupun begitu, tentu kita bukan menjadi seorang yang membuat imitasi, namun seseorang yang membuat inovasi, melalui proses Design Thinking. Adjie kemudian menutup presentasinya dengan pemaparan mindset mengenai “pelanggan lebih dulu” dan menyertakan quotes dari tokoh terkenal seperti Steve Jobs, “Bukanlah pekerjaan pelanggan untuk mengetahui apa yang mereka inginkan”.

Kontributor: Tjia Alphani, Kewirausahaan 2022