Ts. Dr. Raden Aswin Rahadi, ST, MM, MBA terkejut ketika termasuk dalam 16 peneliti SBM ITB yang mendapat gelar peneliti top didunia menurut AD Scientific Index. Berfokus pada bidang real estate dan manajemen properti, Raden telah menerbitkan lebih dari 180 artikel ilmiah dalam jurnal dan konferensi.

Raden sangat bersyukur karena dianggap sebagai peneliti top, terutama di antara para peneliti hebat lainnya yang pernah bekerja sama dengannya seperti Togar M. Simatupang dan Prawira Fajarindra Belgiawan. “Saya mempunyai harapan besar terhadap SBM sebagai lembaga pengembangan, dan saya berharap ini menjadi standar bagi SBM ke depan,” ujar Raden.

Sebelum bergelar sebagai peneliti top, Raden memulai pendidikannya dengan menempuh Sarjana Teknik jurusan Teknik Arsitektur di SAPPK ITB. Setelah lulus, dia bekerja di PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai Jr. Manajer Pengembangan Bisnis. Ketika membuat dan meninjau desain awal, Raden tertarik pada manajemen real estat dan properti.

Raden melanjutkan pendidikannya, mengambil gelar M.M dari Universitas Swiss German Serpong jurusan Manajemen, dan gelar M.B.A. dari Universitas Teknologi, Bisnis dan Desain Konstanz, jurusan Administrasi Bisnis. Dia kemudian mendapatkan gelar Ph.D. jurusan Ilmu Manajemen di SBM ITB, lulus dengan predikat cum laude.

Sebelum menjadi Asisten Guru Besar SBM ITB, Raden bekerja di Northstar Pacific, di mana ia adalah “salah satu anggota awal”. Selama lebih dari 11 tahun, Raden juga bekerja di RA+ Consulting, sebagai Managing Partner sebelum dipromosikan menjadi Senior Partner. Sekarang, Raden adalah Asisten Profesor di SBM ITB, mengajar, membimbing, dan mengawasi mahasiswa sarjana dalam proyek tahun terakhir mereka.

Bidang studi Dr. Raden yang paling kuat meliputi real estat dan pemasaran keuangan. Dia dikenal karena mempengaruhi murid-muridnya untuk mengejar topik tesis mereka yang selaras dengan minat mereka, daripada memaksa mereka untuk menulis tentang sesuatu yang lain.

“Ada dua syarat yang saya terapkan pada murid-murid saya. Pertama, mereka harus mempublikasikan karyanya. Kedua, mereka harus bertanggung jawab atas karyanya sendiri,” kata Raden.

Raden merasa bahwa tidak ada yang namanya ‘studi bodoh’, dan percaya bahwa semua bentuk studi bermanfaat dengan caranya masing-masing. Dia ingin membuat siswa merasa bangga dengan apa yang telah mereka hasilkan, dan bersedia membantu mereka di sepanjang jalan.

Di tengah jadwal yang padat dan beban kerja yang padat, Raden menemukan kedamaian dan menghilangkan stres dengan bermain gitar, blogging makanan, dan bermain game komputer jika ada waktu. Raden mulai main gitar di tahun-tahun kuliahnya, di mana ia menjadi instruktur musik yang berkualitas. Kadang-kadang, ia bermain basket dan golf sebagai hobi.

“Daripada satu tujuan dalam hidup, cobalah tonggak,” kata Raden. Dia percaya bahwa menetapkan tujuan luar biasa dalam hidup dapat membuatnya kosong begitu tercapai. Oleh karena itu, mengklarifikasi tonggak baru dan merenungkan kehidupan setiap 5 tahun adalah suatu keharusan. Melihat kembali pencapaiannya yang luar biasa, tidak diragukan lagi dia ditakdirkan untuk mencapai hal-hal yang jauh lebih besar.

Kontributor: Affan Agil, IB 2023