SBM ITB mengundang Iden Darmawan, Founder Kidz Adventura, untuk mengisi kuliah tamu yang dilaksanakan dalam mata kuliah Service Business, Selasa (5/4/2022). Kidz Adventura merupakan sebuah wirausaha sosial yang dibangun Iden sejak dirinya bersekolah di SBM ITB.

Usaha ini dibangun setelah Iden melihat kesempatan dalam dunia pendidikan. Kebutuhan akan pendidikan akan selalu meningkat setiap tahunnya. Iden juga melihat, konsep penanaman pendidikan karakter adalah isu yang sangat dibutuhkan dengan kegiatan kreatif yang menjadi solusi untuk anak-anak.

“Selain itu, saya juga tergerak karena angka putus sekolah di Indonesia. Saya tetap melihat adanya kesempatan dengan budaya gotong royong masyarakat Indonesia yang tinggi untuk memecahkan masalah pendidikan tersebut,” kata Iden.

Berangkat dari kesempatan-kesempatan yang ditemukan, Iden membangun Kidz Adventura dengan konsep wirausaha barang dan jasa. Barang dalam hal program profit dan program sosial dan wirausaha dalam hal produk. Tentunya, Iden tidak membangun Kidz Adventura seorang diri. Dia dibantu oleh keempat temannya yang memegang berbagai divisi di Kidz Adventura.

Dalam presentasinya sebagai dosen tamu di kuliah Service Business, Iden menjelaskan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kidz Adventura. Mulai dari pesantren kilat dan liburan untuk sekolah, Kidz Adventura mengajar, membuka donasi poster mini komik anak-anak tentang Covid-19 dan cara menjaga diri dari paparan virus corona, hingga permainan kartu literasi Kidz Adventura yang ia dan teman-temannya buat.

Iden kemudian menutup presentasinya dengan penjabaran mengenai strategy marketing yang Kidz Adventura lakukan untuk bertahan sejauh ini. Ada dua hal yang Iden sampaikan dan menjadi fokus utama Kidz Adventura yakni fokus terhadap pembeli dan fokus terhadap Value Proposition.

Kontributor: Tjia Alphani, Kewirausahaan 2022