SBM ITB dalam acaranya yang berjudul “FLASH (Future Leaders Share): Care to Empower” mengundang Gufron Syarif, Founder & CEO of Haus!, dan Firman Aldianto, Co-founder dan Chief Creative Officer of Suasana Kopi untuk membagikan pengalaman mereka dalam membangun usaha kopi di Indonesia, Minggu (3/4/2022).

Berawal tanpa pengalaman dan belajar dari kesalahan, lulusan Universitas Padjajaran ini, Gufron Syarif membangun Haus setelah melihat potensi minuman boba, diluar kopi susu, di Indonesia. Menurut Gufron, masih ada gap dalam market yang dituju oleh market leader di segmen boba. Melihat kesempatan itu, Gufron membidik kalangan menengah ke bawah untuk market Haus hingga membangun lebih dari seratus gerai pada hari ini.

Gufron lalu bercerita tentang strategi marketing Haus. Mengenal market lalu menyesuaikan komunikasi dengan market tujuan tersebut adalah cara terpenting untuk mendapatkan komunikasi yang tepat dalam membangun sebuah bisnis.

Berbeda dengan Gufron Syarif, lulusan Mechanical Engineering Universitas Brawijaya, Firman Aldianto mendirikan Suasana Kopi bermodal keinginan yang kuat serta upaya membangun merek di sosial media. Diawali oleh ajakan teman dalam membangun Suasana Kopi, Firman mendirikan Suasana Kopi dengan tujuan agar setiap orang menikmati kopi pada suasana masing-masing. Dengan demikian, Suasana Kopi menjadi tempat yang didatangi konsumen jika menginginkan suasana nongkrong sambil menikmati kopi.

Berbeda dengan Haus, Suasana Kopi memberikan pendekatan sesuai dengan nama yang mereka bangun, yakni dengan suasana kopi. “Redefine the coffee lifestyle. Selain itu, menunggangi trend dan brand yang sedang naik daun, tentunya penting untuk memasuki market sebagai brand baru di pasaran,” kata Firman.

Kontributor: Tjia Alphani, Kewirausahaan 2022