Salah satu keunikan SBM ITB terletak pada kurikulumnya yang mengizinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya dalam praktik bisnis di dunia nyata. Nilai ini juga diterapkan dalam mata kuliah Integrated Business Experience, dimana mahasiswa diberi kesempatan magang (internship) untuk mendapatkan pengalaman kerja. Mahasiswa magang diwajibkan untuk mempresentasikan hasil kerjanya dalam sesi auditorium. Hal yang spesial dari sesi auditorium kali ini adalah kehadiran Trianita Adhi, Founder dan Creative Director Woodka Watch yang diundang sebagai guest facilitator untuk berbicara tentang internship dari perspektif perusahaan.

Dari sudut pandang Trianita sebagai pihak perusahaan, memiliki intern adalah sesuatu yang menyenangkan karena intern membawa insight yang menarik dan ide-ide baru yang mungkin tidak terpikirkan oleh pegawai lama perusahaan. Namun, tentu saja program magang tidak boleh hanya menguntungkan pihak perusahaan. Oleh karena itu, Triana menyebutkan bahwa intern harus bisa menyampaikan harapan dan ekspektasi mereka secara jelas dari awal.

“Saya sendiri lebih senang dengan intern yang punya tujuan jelas tentang apa yang ingin mereka pelajari dari internship. Dengan begitu, perusahaan dan intern bisa berkomunikasi untuk menemukan titik tengah,” ujar Trianita.

Trianita juga menyebut kesempatan magang sebagai “momen emas” karena mahasiswa dapat belajar langsung dari praktisi bisnis. Sebagai orang yang berkecimpung di industri fesyen dan gaya hidup, Trianita juga berpendapat bahwa pengalaman intern di bidang tersebut akan membawa keuntungan. Sifat industri fesyen dan gaya hidup yang cepat dan dinamis akan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi market yang terus berubah. Selain itu, akan ada banyak kesempatan untuk membangun jejaring karena kegiatan bisnisnya yang melibatkan banyak orang.

“Menjadi intern di brand lifestyle akan membawa kalian bertemu banyak orang, mulai dari vendor, influencer, partner, hingga media. Jangan lupa untuk membangun hubungan yang kuat dengan mereka, nantinya akan sangat berguna terutama jika kalian berencana untuk membangun bisnis di industri ini,” Trianita berpesan.

Terakhir, Trianita mengingatkan mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan magang sebaik-baiknya. “Anggap internship sebagai laboratorium dimana kalian bebas untuk bereksperimen dan mencoba banyak hal. Bekerja keras dan buat kinerja yang melebihi ekspektasi, sehingga kalian bisa menyerap lebih banyak ilmu. Waktu kalian di SBM ITB sangat sebentar, jadi lakukan yang terbaik,” tutup Trianita.

Kontributor: Janitra Nur Aryani, Manajemen 2023