Dalam mata kuliah Business Initiation (Inisiasi bisnis), Kewirausahaan ITB mengundang seorang dosen tamu, Niki Nugraha Achmad dari Vaganza Digital pada Kamis (21/6/2022). Vaganza Digital adalah sebuah perusahaan yang menyajikan solusi digital untuk berbagai perusahaan.

Niki sebelumnya menempuh pendidikan S1 Antropologi Sosial Unpad dan S2 MBA ITB. Niki menjadi bukti bahwa entrepreneur di bidang digital tidak melulu harus berlatar belakang pendidikan teknologi informasi. Pengalaman-pengalaman kerja lintas disiplin serta ketertarikannya pada teknologi informasi telah menyokongnya untuk menjadi entrepreneur dalam bidang digital.

Materi yang dibawakan oleh Niki adalah Web Development Foundation. Materi tersebut berisi uraian studi kasus implementasi HTML, JS, CSS, dan PHP. Dalam penerapannya, memahami web development tak hanya membantu pemangku karir teknologi informasi. Pemahaman web development juga akan meningkatkan nilai kompetensi pelaku bisnis. Oleh sebab itu, materi yang dibawakan Niki menjadi sangat relevan dibawakan dalam mata kuliah Business Initiation. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam kuliah ini adalah penyampaian pengetahuan dasar mengenai Web Development Foundation serta latihan praktik.

Web development atau pengembangan web adalah aktivitas pembangunan dan pemeliharaan situs web. Dalam materi pengetahuan dasar, Niki menjelaskan perbedaan dua jenis halaman web, yakni dynamic website (situs web dinamis) dan static website (situs web statis).

Dynamic website berisi konten yang sangat dinamis. Developer ataupun user lain dapat menambahkan konten di dalam dynamic website. Contoh dynamic website adalah website berita, e-commercemarketplace, dan lainnya,” kata Niki.

Sementara static website bersifat statis dan tidak dapat diperbaharui melalui front-end. Contohnya pada website profil perusahaan, landing page, dan lainnya.

Niki juga memaparkan langkah-langkah pengguna dalam menggunakan website serta langkah-langkah membuat website. Untuk memahami langkah-langkah tersebut, perlu pula memahami perbedaan dan peran front-end dan back-end. Singkatnya, front-end berperan dalam menangani tampilan layoutuser experience (UX), tombol, dan lainnya. Front-end berguna untuk memudahkan pengguna. Sementara back-end berperan dalam menangani fungsi, data, dan fitur dari website.

Setelah itu, paparan disusul dengan terma-terma yang sangat berhubungan, yakni pemaparan database, API (Application Programming Interface), server, local host, dan GIT (tools atau control system gratis). Niki juga menjelaskan cara kerja program komputer. Para mahasiswa kemudian juga dikenalkan dengan item-item yang selalu ada dalam aktivitas pemrograman, yakni variable, class, function, looping, dan conditional statement. Untuk pemrograman web, dibutuhkan pengetahuan mengenai HTML, CSS, back-end programming, dan database. Kemudian materi pengetahuan dasar ditutup dengan pengenalan framework untuk memudahkan dan mempercepat pengerjaan web development.

Selanjutnya kuliah tersebut diisi dengan latihan praktik HTML, CSS, JS, dan PHP. Latihan tersebut guna menggenapkan pemahaman para mahasiswa mengenai pengetahuan dasar web development.

Kontributor: Hadiyanti Ainun Atika, YP MBA 2021