Kondisi pandemi yang tak menentu, tantangan yang dialami, dan perasaan terjebak ternyata bisa menjadi sebuah pemicu dalam menjemput kesempatan. Selama 4 bulan di Amerika, Jane memiliki kesadaran bahwa kebahagiaan dan pola pikir positif sekarang lebih penting dari sebelumnya. Dipacu oleh minat yang tinggi dan keinginan untuk membuat bisnis berdampak sosial, Jane memiliki resep sukses dibalik merknya. Hanya di SBM ITB Talks, Jane Auditya, Founder dari People of Happiness, berbagi sudut pandangnya mengenai kontribusi bisnis dalam kebahagiaan masyarakat sekitar.

Dampak Bisnis terhadap Kebahagiaan

Di Indonesia, kebahagiaan terutama kesehatan mental sering diasosiasikan dengan stigma negaitf, taboo, rasa penolakan, dll. Menurut Jane, bisnis dapat mengubah stigma ini dengan cakupannya masing-masing. People of Happiness bukan hanya merek yang menjual produk, melainkan membuat dampak sosial atau mempromosikan niat baik. POH telah membuat berbagai program seperti POH Talks, panggung komunitas untuk berbagi kebahgaian, dan kesempatan untuk menjadi agen perubahan melalui insiatif dari merek. 

 

Ketuk Aspek Kebahagiaan Emosi Positif dan Makna

People of Happiness mengetuk 2 dari 3 aspek kebahagiaan yang tertulis pada jurnal dari University of Pennsylvania yaitu positive emotion dan meaning. Secara emosi, produk POH pasti diiringi dengan rangkaian cerita dimana proses pembelian dari awal hingga akhir memang ditujukan untuk membuat pelanggan tersenyum. Secara makna, POH ingin pelanggan untuk memiliki keterlibatan diluar aktifitas mereka dengan menggiatkan tindakan baik. Melalui kolaborasi dan gerakan memberi, interaksi ini akan membantu pelanggan untuk mendapatkan pengalaman membeli yang lebih.

 

Jemput Kesempatan dan Membuat Dampak

Pembatas global yang kian lama kian sempit, Jane berpesan untuk pemilik bisnis agar jangan takut untuk melakukan eksplorasi dan kolaborasi. Untuk bisnis dalam negri, Indonesia sendiri adalah negara yang kaya akan sumber daya, besar harapan bisnis-bisnis ini dapat memiliki rencana untuk memajukan Indonesia. Ingat bahwa kesempatan datang dari mana saja, terus belajar, dan bersiaplah karena dunia memiliki banyak hal yang ia tawarkan.

Student Announcer: Stella (Bachelor of Management 2023)
Interviewee: Jane Auditya, MBA (Founder of People of Happiness LLC, Entrepreneurship MBA Alumni Class of 2020, Best Creative and Cultural Entrepreneurship Awardee July Graduation 2022)