SBM ITB melaksanakan serangkaian kegiatan di Merauke, Papua dari tanggal 21 hingga 27 Agustus 2022. Serangkaian kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dengan judul “E-Learning” dengan materi mengenai packaging, penentuan harga (pricing), pembukuan, fotografi, dan pemasaran digital (digital marketing).

Sebagai lembaga pendidikan, SBM ITB memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat Indonesia, khususnya yang berhubungan dengan manajemen bisnis. Oleh karena itu, materi yang disampaikan dalam rentetan program e-learning di Merauke, Indonesia, adalah materi pengantar yang dapat diimplementasikan oleh para pemuda yang memiliki jiwa entrepreneur di dalam bisnisnya.

Bukan hanya dalam bentuk workshop, serangkaian kegiatan ini juga didokumentasikan dalam bentuk video pemaparan dan e-book dengan tujuan pembentukan e-learning. Walaupun dengan kondisi jarak yang cukup jauh, kami mengharapkan program ini dapat secara terus menerus diimplementasikan dan disebarluaskan kepada generasi muda dan dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurs, juga dapat mendorong dan mengedukasi para pemuda dengan potensi dan bakat entrepreneurs untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh.

Kami juga berharap e-learning akan menjadi jembatan dan media dimana jarak fisik bukan lagi batasan untuk belajar, terutama pembelajaran mengenai bisnis dan manajemen yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Selain e-learning, SBM ITB juga melihat bahwa skema distribusi komoditas diperlukan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Merauke, Papua. Oleh karena itu, SBM ITB juga hadir dengan penelitian “Skema Distribusi Komoditas untuk Menunjang Ekosistem Industri Kreatif di Kota MeraukeĀ  Papua.”

Dari hasil survey yang dilakukan, Kota Merauke, memiliki potensi yang sangat besar. Akan tetapi pengolahan sumber daya yang melimpah belumlah maksimal. Kami melihat banyaknya peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Selain pengolahan, kami juga melihat bahwa distribusi, baik bahan baku maupun barang jadi, belum berjalan dikarenakan hambatan infrastruktur yang tidak mendukung.

Oleh karena itu, SBM ITB hadir dengan sebuah skema distribusi komoditas untuk menunjang ekosistem industri kreatif di Kota Merauke, Papua. Diharapkan dari skema yang dihasilkan akan memaksimalkan distribusi komoditas yang akan membawa keuntungan bagi para pelaku industri kreatif di Kota Merauke, Papua.

Written by Media Relations