Langsung dari ahlinya, SBM ITB mengundang Boniek Adi Syahputra, praktisi ekspor-impor, untuk menjadi dosen tamu dalam mata kuliah Integrated Business Asia pada Selasa, (27/9/22). Boniek adalah Pendiri dan Instruktur pada Optima Learning (Export Import Learning & Consultant) dan Quanta Digital (Digital Marketing Course).

Boniek mempresentasikan soal International Commercial Terms, yaitu sekumpulan istilah yang digunakan penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional.

“Incoterms menjadi istilah untuk menyamakan persepsi dan mengatur kewajiban bagi eksportir atau importir dalam proses pengiriman. Dengan incoterms, proses pengiriman ekspor yang kompleks akan menjadi lebih mudah dan batasan tanggung jawab antar-pihak menjadi jelas,” jelas Boniek.

Boniek memberikan gambaran, ada 11 istilah dalam incoterms pada 2020 yang biasa digunakan. Menurutnya, mengetahui dan menerapkan praktik incoterms dalam perdagangan internasional, akan membantu eksportir untuk menentukan harga jual secara akurat dan juga mengetahui besaran biaya yang perlu dikeluarkan selama proses ekspor.

Terlebih, untuk mahasiswa kelas internasional pada mata kuliah ini, yang nantinya akan mempraktekkan proses perdagangan ekspor dan impor secara langsung. Dalam kelas, Boniek mengajak mahasiswa berinteraksi, walaupun pengajaran menggunakan metode hybrid.

Kontributor: Reyna Aszzura Rasyida, Manajemen 2024