Keluarga Mahasiswa Manajemen SBM ITB rayakan International Day of Awareness of Food Loss and Waste (IDAFLW) pada Kamis (29/9/2022) dengan membuka donasi makanan untuk seluruh civitas SBM ITB. Dilaksanakan bersamaan dengan Kamis Wastra, acara ini diwarnai dengan suasana khas nusantara dengan hadirnya mahasiswa SBM ITB menggunakan pakaian batik sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya Indonesia. Dalam menyukseskan acara ini, KMM ITB mengajak Food Bank Bandung, sebuah organisasi non-profit yang bergerak di bidang ketahanan pangan dan penanganan makanan berlebih di kota Bandung.

Alya, Manajer Community Activation and Service KMM SBM-ITB mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran civitas SBM akan pentingnya berdonasi mulai dari makanan berat, ringan, hingga materi agar sumber daya berlebih yang dimiliki tiap individu tidak terbuang sia sia.

“Harapannya acara ini mampu dilaksanakan dengan skala yang lebih besar lagi, baik itu oleh jurusan, fakultas, ataupun universitas lain yang ada di Indonesia,” jelasnya menyampaikan harapan dari peringatan IDAFLW ini.

Dengan melaksanakan program kerja ini, kata Alya, KMM SBM ITB juga ingin menunjukkan dukungannya dalam aksi global mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Di antara 17 poin yang tertera, poin 1, yaitu No Poverty, menjadi salah satu fokus yang ingin dicapai. Di samping itu, acara ini juga dimaksudkan sebagai gerakan untuk memenuhi target Zero Hunger pada poin 2 SDGs.

Donasi dibuka dari pukul 9.00 – 14.00 WIB, dan dilanjut di hari berikutnya dengan waktu yang serupa. Selama acara, banyak mahasiswa yang berpartisipasi mendonasikan sejumlah makanan yang mereka miliki. Tak hanya mahasiswa, para anggota civitas lainnya seperti staf hingga dosen pun turut berdonasi.

Meskipun acara ini mengundang keramaian, seluruh pihak yang terlibat tidak lupa untuk tetap mempraktikkan protokol kesehatan untuk terus mencegah penyebaran covid-19. Namun, secara umum, SBM ITB telah mempersilahkan civitas akademik melakukan aktivitas keseharian melalui luar jaringan (Luring) baik di gedung SBM maupun sekitarnya.

Kontributor: Rheza Mahesa Raharjo, Manajemen 2023