Pada hari Jumat, 30 September 2022, SBM ITB mengadakan webinar pertama di metaverse milik SBM ITB, yaitu SBMVERSE. Mengangkat topik ESOP and Vesting for Startups, SBM ITB mengundang seorang profesional dalam bidang investasi yang bekerja di Alpha JWC Ventures, Dharmadi Gusanto, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bersama partisipan TGL XIII dan mahasiswa SBM.

Webinar ini sangat unik dan berbeda dari webinar-webinar lainnya. Di saat webinar lain diadakan secara luring maupun daring lewat aplikasi panggilan video, SBM ITB mengadakan webinar di metaverse barunya. Partisipan pun menyatakan antusiasme mereka selama webinar berlangsung.

“Webinar di dalam metaverse ini membantu saya untuk lebih fokus sepanjang acara. Biasanya, saya tipikal orang yang akan multi-tasking saat mendengarkan webinar. Namun, kali ini berbeda,” ucap salah satu partisipan sesudah acara berakhir.

Dalam menciptakan metaverse ini, SBM ITB berkolaborasi dengan RANS Entertainment untuk membangun gedung SBM di RANSVERSE. Bangunannya sendiri sangatlah detil dan dibangun dengan sedemikian rupa untuk menyerupai gedung SBM ITB. Selain itu, partisipan bahkan dapat mengekspresikan reaksi mereka dengan memencet gestur dan gerakan yang disediakan.

Dr. Dina Dellyana, Direktur The Greater Hub SBM ITB, menyatakan bahwa mereka sedang mengembangan SBMVERSE ini sedikit demi sedikit untuk acara-acara lain ke depannya. Menurut Dina, SBMVERSE kemungkinan besar akan dapat dipakai mahasiswa SBM ITB untuk kelas dosen tamu maupun kelas-kelas auditorium ke depannya.

Kontributor: Puteri Tricahya Utami, Manajemen 2024