Hari Pahlawan diabadikan untuk memperingati Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Rakyat dan pejuang Surabaya berperang melawan tentara Inggris. Total kekuatan pasukan Sekutu dalam pertempuran ini adalah sekitar 15.000 tentara. Sekitar 6.000 orang Indonesia tewas dalam Pertempuran Surabaya, yang berlangsung tiga minggu. 

Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pada 16 Desember 1959. Keputusan itu dibuat oleh Presiden Soerkarno.

Memperingati Hari Pahlawan, mahasiswa kewirausahaan SBM ITB pada Kamis (10/11/2022) dengan kompak mengenakan kostum bertemakan pahlawan. Acara berkostum ini memang sudah dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kewirausahaan IMK “Artha” SBM ITB tiap bulannya untuk memperingati hari atau acara penting di bulan tersebut.

Acara berkostum ini sering disebut dengan NggoReng yang termasuk dalam program divisi people and culture development IMK “Artha” SBM ITB dengan tujuan untuk lebih mengeratkan kebersamaan antar angkatan mahasiswa kewirausahaan SBM ITB.

“Kita memang selalu mengadakan acara berkostum yang kami sebut dengan NggoReng(Ngostum Bareng). Untuk bulan November ini bertemakan pahlawan,” Ucap Amanda selaku penanggung jawab acara berkostum ini.Amanda juga menyebutkan kekompakan wirussian (sebutan bagi mahasiswa kewirausahaan SBM ITB) sangatlah baik. Buktinya, pengumuman akan diadakannya NggoReng bertema pahlawan baru dua hari sebelum acara, tetapi wirussian kompak, hampir seluruh massa wirussian mengenakan kostum yang bertemakan pahlawan. 

Acara NggoReng ini berlangsung meriah dengan berbagai macam kostum yang dikenakan. Ada yang menjadi Bapak Ir. Soekarno, Ibu Fatmawati, Satpam, Ustadz, Satpol PP dan ada yang mengenakan baju olahraga milik ayahnya karena ayahnya adalah sosok pahlawan bagi dirinya. Acara NggoReng ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa kewirausahaan SBM ITB angkatan 2023 dan 2024.

“Acaranya seru banget, meskipun agak melelahkan ya buat kontennya,” Ujar Desya, salah satu mahasiswa. 

Amanda juga berharap dengan diadakannya NggoReng bertema pahlawan, dapat menyadarkan akan jasa para pahlawan. Penting bagi kita untuk selalu mengingat jasa-jasa yang telah diberikan para pahlawan yang ada dalam hidup kita terhadap diri kita.

Written by Student Reporter (Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Entrepreneurship 2024)